Dinas Peternakan Kab. Bima Terima 15 Ribu Dosis Vaksin Rabies

Iklan Semua Halaman

.

Dinas Peternakan Kab. Bima Terima 15 Ribu Dosis Vaksin Rabies

Rabu, 08 Februari 2023

Ilustrasi. 


Kabupaten Bima, Fajar Media. Com, - Pemerintah Kabupaten Bima, Melalui Dinas Peternakan Hewan Terima 15 Ribu vaksinasi Rabies tahun 2023.


Kepala Dinas Peternakan (Disnak) Kabupaten Bima, melalui Bidang Kesehatan Hewan Ir.Abdul Manan mengatakan, "tahun 2023 Dinas peternakan Terima 15 Ribu Vaksinasi Rabies untuk disalurkan di 18 UPTD. katanya Kamis (9/2/2023).


"Program ini dalam rangka mengantisipasi Adanya Rabies membahayakan masyarakat dengan sasaran utama, Anjing, Kucing, dan Kera. Tapi kita prioritaskan anjing". 


Kasus Gigitan Anjing Gila/Rabies, salah satu contohnya ada kejadian gigitan anjing di Desa Lere kecamatab Parado. Kita ambil sampel disitu. Dan kita uji di balai besar Dempasar, ternyata hasilnya positif rabies. 


Untuk itu, "Dalam mengantisipasi korban dimaksud telah kami komunikasikan dengan UPTD dan dilanjutkan dengan puskesmas terdekat. Sebab ada korban gigitan anjing rabies meninggal tahun 2021 - 2022 di Kecamatan Langgudu tepatnya di Desa laju". 


 Dan korban sudah di Vaksin Anti Rabies, (VAR), Tujuannya mengantisipasi Terjadinya Menular racun rabies hingga mematikan. 


Dilanjutjan lagi yang namanya Serum Anti Rabies (SAR). SAR itu Dipergunakan untuk gigitan anjing rabies di atas bahu. Terutama leher dan telinga. 


Dan vaksin ini hanya bisa kita lakukan ke pemilik anjing. Dan kalau ada anjing liar kita lakukan eliminasi. Ujarnya. (Red)