Walikota Bima Hadiri Festival Uma Lengge Ke 5 Tahun 2022

Iklan Semua Halaman

.

Walikota Bima Hadiri Festival Uma Lengge Ke 5 Tahun 2022

Kamis, 15 September 2022



Kota Bima, Fajar Media Bima. Com, - Walikota Bima H. Muhammad Lutfi, SE menghadiri Acara Festival Uma Lengge Ke 5 Tahun 2022 sebagai salah satu rangkaian acara Roadshow Industrialisasi Gubernur NTB bertempat di Situs Uma Lengge Desa Maria Kecamatan Wawo pada Rabu, 14 September 2022 malam.

Walikota Bima H. Muhammad Lutfi, SE didampingi Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kota Bima, Ketua TP PKK Kota Bima, dihadiri pula oleh Gubernur NTB, kepala Dinas Pariwisata Provinsi NTB, Bupati Bima, kepala Desa Maria Kecamatan Wawo Kabupaten Bima.

Laporan Panitia Pelaksana, Ramdan menyampaikan mewakili seluruh elemen masyarakat pihaknya merasa bangga serta kehormatan yang luar biasa dihadiri oleh 3 tamu besar yakni Gubernur NTB, Walikota Bima, dan Bupati Bima.

"Malam ini adalah kali kelima berjumpa di situs Uma Lengge yang dirangkaikan dengan Festival Uma Lengge Ke 5 Tahun 2022 Desa Maria Kecamatan Wawo Kabupaten Bima diprakarsai oleh Kelompok Sadar Wisata Pelopor Maria," ujarnya.

Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri, SE, menyampaikan hari ini kita semua menjadi semangat bahwa situs uma lengge tidak saja kebanggaan masyarakat Desa Maria, tetapi kebanggaan seluruh Dou Mbojo pada umumnya. Ujar Bupati.

"Situs Uma Lengge tidak saja untuk menyimpan cadangan pangan masyarakat, tetapi bagaimana bisa dimanfaatkan untuk berkumpul, bermusyawarah untuk kemajuan desa Maria," imbuhnya.

Tentunya keberadaan uma lengge yang tidak lagi banyak ini, pihaknya ingin mempertahankan bahan pokok yang tersedia wujud aslinya, kemudian perhatian Kementerian Pariwisata RI sudah mendukung dan memberi perhatian khusus pada situs Uma Lengge, pesannya jaga kekhasan situs Uma Lengge.

Secara khusus lanjut Bupati Bima, Kecamatan Wawo menjadi kiblat dan contoh bagi kecamatan lain di Kabupaten Bima dari tingkat keamanannya, ini didapatkan atas kesadaran penuh masyarakat Wawo yang senantiasa menjaga kerukunan, serta kedamaian, dan tetap menunjukkan jati dirinya sebagai Dou Mbojo, dan diharapkan Masyarakat Wawo selalu mempertahankan Predikat Zero Criminal sampai kapanpun. Tutup Bupati Bima.

Gubernur NTB DR. Dzulkifliemansah mengatakan setiap ada keinginan pasti amAllah akan hadiahkan jalan untuk kita, festival malam ini bukan sekedar seremoni tapi mengandung makna yang dalam, mestinya setiap festival adalah satu bentuk ingatan bagi kita agar senantiasa menginat Allah SWT, tujuan asasi pada sang pencipta. Ujar Gubernur.

"Pentingnya satu stori agar kita mampu berbuat suatu yang lebih besar, dan manusia boleh saja menolak kebenaran, tetapi tidak akan bisa menolak cerita," ungkapnya.

Festival ini akan memaksa orang luar hadir pada masa mendatang mengunjungi situs Uma Lengge, dan diharapkan kepada seluruh masyarakat NTB, khsusnya Masyarakat Kota Bima dan Kabupaten Bima agar mendukung Pekan Olah Raga Nasional (PON) 2028 yang dipusatkan di NTB dan NTT. Tutup Gubernur.

Festival Uma Lengge Ke 5 dibuka secara resmi oleh Gunernur NTB yang ditandai dengan pemukulan Gong, dan dilanjutkan dengan penyerahan cendra mata berupa Miniatur Uma Lengge kepada Walikota Bima, dan Bupati Bima oleh Pokdarwis Pelopor Maria.(RED)