Wera Dilanda Kekeringan, Dinas Kinpraswil, BPBD, dan Dinsos, Salurkan Air Bersih

Iklan Semua Halaman

.

Wera Dilanda Kekeringan, Dinas Kinpraswil, BPBD, dan Dinsos, Salurkan Air Bersih

Selasa, 22 Oktober 2019
Taufik,ST.MT
Kepala Dinas Kinpraswil Kabupaten Bima
Kabupaten Bima, Fajar Media Bima.com,- Musim kemarau panjang melanda Kabupaten Bima, seperti diKecamatan Wera pada saat ini. Pasalnya, Kekeringan tahun ini menyulitkan masyarakat untuk mencari air buat konsumsi dan keperluan rumah tangga sangat sulit.

Hari ini masyarakat Wera  mengeluh kurang pasokan air bersih yang didrop oleh BPD dan Dinas Sosial Kabupaten Bima. artinya Tidak menjangkau kebutuhan air bersih untuk masyarakat. Namun yang lebih parah lagi, Keringan mata air sebagai sumber kehidupan masyarakat wera, diKecamatan Wera tahun ini sangat - Sangat kering, Contohnya, "DAM FU,U KOPA" sepanjang sejarah  tidak pernah mengering, penyebab utama kekeringan "DAM FU,U KOPA" akibat musim kemarau yang berkepanjangan.

Penyebab musim kemarau panjang.  Taufik,ST.MT, yang merupakan Kadis Kimpraswil Kabupaten Bima menanggapi serius, melalui Via Henfon, (22/10/2019), siang ini. Bahwa, "Proses vegetasi sumber air tidak dilakukan oleh alam, Akibatnya gundul hutan, cetus sejarah Alam, Hutan sebagai sumber kehidupan mata air,".

 Sebab proses Vegetasi air melalui dari Daun - daunan dan Pohon - pohon. Sehingga akar kayu  sebagai sumber utama mata air bagi kehidupan manusia melanda kekeringan. Contoh yang paling nyata, ribuan metriktton air hujan yang mengguyur lereng gunung kapenta, sama lereng gunung Wawo Maria  tidak ada  pohon kayu yang menyerap air hujan dan langsung terjun ketanah sehingga menyebabkan banjir yang melanda kota dan kabupaten Bima beberapa tahun yang lalu.

Kata kadis, "harusnya ada kesadaran masyarakat secara umum", agar supaya  tidak terjadi erosi yang menyebabkan kita semua yang  rugi mulai dari harta benda bahkan nyawa sekalipun hilang karena akibat bencana  banjir.

Coba antara pemerintah Kabupaten Bima dan wali kota Bima melakukan reboisasi kembali hutan - hutan yang telah gundul bila perlu masyarakat jangan lagi berkebun dincai kapenta dan dibebaskan seperti dulu supaya anak cucu kita kedepannya selamat dari bencana  yang tidak kita ingin bersama.Tutup Kadis

Waktu yang sama, "Camat wera H .Ridwan S.Sos mengatakan, "Terkait dengan dropin air bersih untuk kebutuhan masyarakat wera merupakan tanggung jawab biaya operasional Kimpraswil Kabupten Bima.

Diakuinya, "Kekeringan yang melanda kecamatan wera  akibat Kondisi alam untuk kabupaten Bima". sudah seperti ini penyebab utamanya, kami juga tidak  tau,  jadi terkait  drop air bersih dari Dinas Sosial dan BPBD setiap hari  selama 50 hari. Rencana pemerintah kecamatan wera dan dinas kimpraswil droping air bersih  dilakukan setiap hari selama lima puluh hari ungkap camat wera dikantornya.Jelas Camat

Demikian Pula disampaikan, H.Sarujin ketua RT 07/RW 011 menyatakan. "Dropin air bersih yang dilakukan oleh pemerintah kabupaten Bima memang ada manfaatnya, dan sangat membantu masyarakat yang memerlukan air bersih untuk kebutuhan rumah tangga diwera.

Namun setiap hari air yang didroping oleh pemerintah tidak cukup untuk kebutuhan masyarakat, kami akui Air yang diperbantukan oleh pemerintah sangat membantu masyarakat pada saat ini.(F.04)