3 Pesilat Putra Bima, Tampil di O2SN NTB

Iklan Semua Halaman

.

3 Pesilat Putra Bima, Tampil di O2SN NTB

Kamis, 11 Juli 2019
(Keterangan Foto : 2 orang pesilat asal SMAN 1 Palibelo (Tenggah) Terpilih
Sebagai Duta Kab Bima pada O2SN SMANTB.)
Kabupaten Bima, Fajar Media Bima.Com - Sebanyak tiga orang pesilat asal Perguruan Silat "Putra Bima" Indonesia (PS_PBI) akan berlaga di Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) Tingkat Provinsi NTB yang akan berlangsung di Mataram dalam bulan ini.

Ketiga pesilat asal perguruan Putra Bima ini yakni, dua orang siswa dari SMAN 1 Palibelo akan memperkuat Kontingen Kabupaten Bima pada 02SN SMA yang akan dihelat 17 - 23 Juli di Mataram. Kedua pelajar tersebut yakni masing-masing Al Faruk akan turun di Kategori Tunggal Putra (Pa) dan A'an Andriani Tunggal Putri (Pi). Sedangkan satu orang pesilat lainnya, yakni Melisa pelajar asal SMKN 1 Kota Bima akan turun di Tunggal Pi merangkap Kategori Tanding Kelas D Pi 51 - 55 Kg, sekaligus sebagai duta Kota Bima.

Pada wartawan ini, Pelatih Arif, S.Sos mengatakan, ketiga pesilat perguruan kami ini, menjadi duta Bima (Kota dan Kabupaten Bima), setelah dinyatakan lolos pada seleksi tingkat sekolah se Kabupaten/Kota Bima di GOR Manggemaci - Kota Bima. Untuk seleksi O2SN SMA/MA yang berlangsung pada Selasa (09/07/2019) dan O2SN SMK berlangsung Rabu (10/07/2019). "Untuk pesilat asal Palibelo, sudah dirinya laporkan pada Kepala SMAN 1 Palibelo Andi Ajis, S.Pd sepulang dari seleksi Selasa sore. Kasek Andi Ajis merasa bangga, karena sekolah yang dipimpinnya itu pada seleksi O2SN SMA tahun ini, yang akan berangkat ke Mataram sebanyak tiga orang termaksud Fahrul Ramadhan pada Cabang Olahraga (Cabor) Bulutangkis satu orang," ujar Arif saat ditemui digelanggang pertandingan Rabu kemarin.

Lanjutnya, pada O2SN SMA dan SMK rencananya mempertandingan lima cabor, yaitu cabor Pencak Silat, Karate, Atletik, Bulutangkis dan Renang, yang berbeda pada O2SN SMA dan SMK, hanya jumlah kategori dan kelas saja. Seperti Cabor silat pada O2SN SMA mempertandingkan Kelas C Pi, Kelas F Pa, Tungga Pa dan Pi (4 pesilat yang diambil). Sedangkan O2SN SMK hanya Tunggal Pa/Pi dan Kelas D Pa/Pi (2 orang pesilat).

Kata Arif, perguruan silat yang dibina H. Muhamad Lutfi, SE selaku dewan penasehat dan Nazamudin selaku ketua umum. Dirinya (Arif, red) dipercayakan untuk menjadi pendamping pesilat O2SN SMA Kontingen Kabupaten Bima, sedangkan Khairul, S.Sos ditunjuk sebagai pendamping pesilat O2SN SMK Kontingen Kota Bima untuk bertugas selama pertandingan di Mataram, tutur pendekar madya tingkat tujuh ini.

Sambung Arif, sejak perguruan silat ini didirikan Tahun 2006 lalu, dan sejak tahun itu pula sudah menggangkat nama sekolah, khususnya SMAN 1 Palibelo Kabupaten Bima dikancah provinsi NTB, baik O2SN maupun pada Pekan Olaharaga Pelajar Daerah (POPDA), khususnya dari cabor silat.

Dari pantauan langsung wartawan ini, kegiatan seleksi dimaksud dibuka secara resmi oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Provinsi NTB melalui Kepala UPTD Layanan Dikmen dan PK-PLK Bima Sanusi, S.Pd. M.Pd pada Selasa  (09/07/2019) kemarin. (F.02)