Sekda dan Ketua Dekranasda Kota Bima Serahkan Bantuan Bagi Penyandang Disabilitas

Iklan Semua Halaman

.

Sekda dan Ketua Dekranasda Kota Bima Serahkan Bantuan Bagi Penyandang Disabilitas

Rabu, 21 Oktober 2020


Kota Bima, Fajar Media Bima.com,- Sekretaris Daerah Kota Bima Drs H Mukhtar MH dan Ketua Dekranasda Kota Bima Hj Ellya HM Lutfi menyerahkan bantuan bagi penyandang disabilitas. Bantuan yang diberikan adalah bantuan usaha ekonomi produktif bagi penyandang disabilitas Kota Bima yang bersumber pada Dinas Sosial Kota Bima tahun 2020. Bantuan diserahkan seusai penyerahan bantuan rombong dan etalase dari Dekranasda Kota Bima, pada Selasa 20 Oktober 2020 di Ruang Terbuka Publik (RTP) Taman Kodo Kelurahan Kodo Kecamatan Rasanae Timur Kota Bima.

Bantuan ini diserahkan secara simbolis kepada  4 orang penyandang disabilitas yakni Suhardin (tuna daksa) mendapatkan peralatan menjahit, Ahmad (tuna netra) mendapatkan peralatan pijat, Rasidin (tuna daksa) mendapatkan peralatan bengkel, Miratunnisa (tuna rungu wicara) mendapatkan peralatan usaha jajan. Bantuan ini akan disalurkan pula kepada 19 orang penyandang disabilitas yang ada di Kota Bima. 


Adapun rincian bantuan yang diberikan yakni : (1) Peralatan Menjahit berupa mesin jahit, mesin obras, benang jahit, gunting, netwran, setrika listrik, dan minyak mesin; (2) Peralatan pijat berupa busa/spon, difan jati, meja plastik, kursi plastik, rak jati dan perlengkapan bahan pijat; (3) Peralatan perbengkelan berupa kompresor, kunci satu set, ban dalam/belakang dan depan serta oli; (4) Perlengkapan usaha jajan berupa baking pan, kompor gas 2 (dua) tungku, tabung gas beserta isi, blender, oven, mixer, spatula/sendok, timbangan kue, etalase dan gelas ukuran. 

Bantuan usaha produktif bagi penyandang disabilitas dimaksudkan untuk mendorong kemandirian dari para penyandang disabilitas. Diharapkan program yang akan dilakukan tersebut diarahkan untuk membangun kemandirian dan untuk mengubah pandangan bahwa penyandang disabilitas bukan orang-orang yang harus dikasihani, namun orang-orang yang memiliki kesempatan yang sama dan akses yang setara.(F.02)