Seleksi POPDA Kota Bima, Segera Dihelat

Iklan Semua Halaman

.

Seleksi POPDA Kota Bima, Segera Dihelat

Selasa, 04 Februari 2020
Kota Bima, Fajar Media Bima.Com,- Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) tingkat SMP/MTs dan SMA/SMK/MA Tingkat Provinsi NTB akan dihelat pada Tanggal 13 – 18 April 2020 mendatang di Mataram, untuk itu Dinas Pariwisata Kota Bima yang membawahi Bidang Pemuda dan Olahraga dalam waktu dekat ini segera menggelar seleksi tingkat pelajar se Kota Bima.

Sesuai hasil rapat dinas setempat, dengan beberapa pengurus Cabang Olahraga (Cabor) dan guru olahraga perwakilan sekolah masing-masing pada Senin (27/01/2020) lalu, Kota Bima akan mengikut sertakan lima cabor saja. Yakni cabor Pencak Silat, Volly Ball, Sepak Bola, Tenis Meja dan Sepak Takraw.

Dalam seleksi tersebut, pada cabor pencak silat hany dibutuhkan 13 atlet saja, dengan rincian 7 kelas Kategori Tanding Putra (Pa) dan 6 kelas tanding Putri (Pi), pelatih 1 Pa, 1 Pi dan 1 orang official. Sedangkan cabor volly ball akan menyeleksi atlet 9 Pa dan 9 Pi, pelatih 1 Pa, 1 Pi dan 1 orang official, cabor sepak bola akan menyeleksi 15 atlet dan pelatih 1 Pa serta 1 orang official.
Cabor sepak takraw hanya mengirim team Pa saja dan pelatih 1 Pa serta 1 orang official, sedangkan cabor tenis meja akan menyeleksi 4 atlet Pa dan 2 Pi, dan di dampingi 1 orang pelati serta 1 orang official.

Dalam arahannya, Plt. Kepala Dinas Pariwisata Kota Bima, Sunarti, S. Sos., M.M, sangat mengharapkan pada seluruh cabor yang akan menyeleksi atletnya untuk sportive tanpa melihat ada anak emas, apa lagi anak kandungnya. “Mari kita mencari atlet yang berpeluang dapat mengharumkan nama Kota Bima di tingkat provinsi NTB nanti,” singkatnya.

Sementara itu, cabor pencak silat pada Minggu (02/02/2020) telah mengelar rapat teknis yakni penyusunan panitia seleksi dan aparat pertandingan, sesuai juklak POPDA 2020 setiap calon atlet harus kelahiran per 1 Januari 2003 atau masih duduk di kelas VIII (SMP/MTs) hingga masih duduk di kelas XI (SMA/SMK/MA) dengan menunjukkan bukti fisik berupa Akte Kelahiran asli, Ijasah terakhir asli dan Rapot terakhir asli.

Sekretaris Cabor Pencak Silat Kota Bima, Muslimin, S.Pt., M.Si pada wartawan ini Selasa (04/02/2020) setiap atlet yang mewakili sekolahnya masing-masing apabila nantinya tidak bisa menujukkan ketiga prasyarat di atas pada panitia seleksi, maka langsung di gugur dan tidak bisa mengikuti seleksi dimaksud. “Hal ini di lakukan untuk memanilisir jadwal seleksi, karena silat merupakan seleksi fisik dan pasti ada cidera dan resiko lainnya. Maka untuk itu, perlu di hindari dari awal,” katanya.

Khusus seleksi silat ini, pihaknya menggunakan 3 juri dan 1 wasit setiap kelas yang dipertandingkan dan dibantu wasit juri lainya, maupun panitia dan aparat teknis lainnya. "In Syaa Allah dalam waktu dekat ini, paling lambat pertengahan Februari seleksi silat akan dihelat di di gedung GSB Kobi, maupun gedung alternatif lainnya," singkatnya. (F.02)