Sekda Buka Sarasehan GP3M Tingkat Kota Bima

Iklan Semua Halaman

.

Sekda Buka Sarasehan GP3M Tingkat Kota Bima

Senin, 26 Agustus 2019
(Drs.H.Mukhtar,MH
Sekda Kota Bima,)
Kota Bima, Fajar Media Bima.com,- Sekretaris Daerah Kota Bima Drs. H. Mukhtar, MH membuka secara resmi acara Sarasehan Gerakan Pendidikan Pemberdayaan Perempuan Mandiri (GP3M) di Gedung Seni Budaya pada Senin, 26 Agustus 2019.

Kegiatan yang digelar oleh Bidang PAUD dan PNF Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bima tersebut dihadiri oleh Pejabat Lingkup Pemerintah Kota Bima, Kepala BP-PAUD dan Dikmas Provinsi NTB Drs. Suka, M. Pd, Ketua TP. PKK Kota Bima Ny. Hj. Elly Alwaini, Ketua GOW Kota Bima Ny. Jumriah, Ketua DWP Kota Bima Ny. Hj. Salmah, serta Kepala Sekolah PAUD dan TK se-Kota Bima.

Sekda Kota Bima dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini sejalan dengan program Pemerintah Kota Bima yakni meningkatkan pemberdayaan masyarakat termasuk didalamnya pemberdayaan perempuan.

Pola pendidikan terpadu masyarakat termasuk dengan peningkatan pendidikan non formil yang dilakukan pemerintah pusat melalui Gerakan Pendidikan Pemberdayaan Perempuan Mandiri (GP3M) sepenuhnya didukung Pemerintah Kota Bima.

Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas hidup keluarga yang berimbas pada peningkatan pendidikan dan kualitas hidup generasi berikutnya.

“Peran perempuan memang harus diperkokoh, perempuan adalah pilar kemajuan bangsa. Di tangan perempuan, pendidikan anak sebagai generasi masa depan pertama kali diberikan, oleh karenanya kaum perempuan adalah fondasi utama terbentuknya karakter dan watak seorang manusia," Ungkap Sekda.

Selain itu, katanya, kegiatan ini juga sejalan dengan komitmen Pemerintah Kota Bima melalui program pemberdayaan masyarakat, diantaranya memberikan keterampilan dan pendampingan kepada masyarakat terutama pada perempuan.

“Saat ini melalui berbagai dinas terkait baik Dinas Koperindag maupun Dinas Sosial telah disiapkan berbagai pelatihan keterampilan di berbagai sektor usaha sebagai salah satu langkah pemberdayaan dan pembinaan masyarakat secara berjenjang. Demikian pula lembaga pendidikan baik formil dan non formil juga sepenuhnya mendapat dukungan dari Pemerintah Kota Bima", ujarnya

Sekda pun berharap peran serta para lurah, camat dan seluruh lapisan masyarakat dalam membantu keberhasilan program GP3M ini, bagi kemajuan masyarakat itu sendiri.

Kepala BP-PAUD dan Dikmas Provinsi NTB mengapresiasi Dinas Dikbud Kota Bima atas terselenggaranya kegiatan Gerakan Pendidikan Pemberdayaan Perempuan Mandiri (GP3M) di Kota Bima. katanya, Pemerintah Kota Bima patut berbangga karena Kota Bima merupakan salah satu Kota/Kabupaten yang ada di Provinsi NTB yang memiliki desa vokasi untuk Peningkatan Kualitas Hidup Perempuan (PKHP) yang mendapatkan bantuan dana untuk pelatihan dari Ditjen PAUD dan Dikmas Kemendikbud RI.

Diharapkannya, program ini didukung penuh oleh pemerintah daerah. Selain itu, melalui GP3M ini diharapkan pula dapat mengeksplorasi keterampilan dan potensi masyarakat, khususnya perempuan anggota SKB dan PKBM meningkatkan ekonomi keluarganya, sehingga kesejahteraan keluarga terwujud.

Sedangkan, Kadis Dikbud Kota Bima Dr. H. Syamsuddin, MS menaruh harapan agar perhatian serta bantuan dana dari pemerintah pusat untuk program ini terus berkelanjutan untuk menopang kualitas perempuan menjadi produktif dan mandiri.

Selain itu, katanya, perhatian dan dukungan juga sangat diharapkan dari dinas terkait untuk kesuksesan program ini, "Seperti Dinas Koperindag membantu dalam pelatihan kewirausahaan, PKK dalam pemberdayaan keluarga, Dinas Pariwisata mempromosikan desa vokasi sebagai Desa Wisata, Dinas Penanaman modal dan PTSP memberikan ijin usaha, serta Dinas Kesehatan mengontrol higienis atau tidaknya produk yang akan dipasarkan", jelas Kadis Dikbud.

Sebelumnya, Kabid PAUD dan PNF Dikbud Abdul Hafid, S.Pd melaporkan kegiatan mengusung tema "Perempuan Maju, Keluarga Sehat, Negara Makmur", diikuti oleh 250 peserta bertujuan untuk mengkoordinasikan pelaksanaan program pendidikan berkelanjutan, khususnya program GP3M Desa Vokasi dan Program PKH-P.

Acara dilanjutkan dengan peninjauan stand pameran/expo hasil produk anggota PKBM atau hasil pelatihan dari program tersebut.(F.02)