Kepuasan Masyarakat Terhadap Kinerja Pj. Wali Kota Bima Capai 79,3%

Iklan Semua Halaman

.

Kepuasan Masyarakat Terhadap Kinerja Pj. Wali Kota Bima Capai 79,3%

Senin, 13 Mei 2024

 

PJ Walikota Bima HM Rum
Foto Ist. 



Kota Bima, Fajar Media.com,- 
Hasil survei terbaru 13 Mei 2024 dari POLRAM (Pusat Penelitian Opini dan Riset Masyarakat) yang dirilis Bulan Mei 2024 telah menyoroti tingkat kepuasan yang tinggi dari masyarakat terhadap kinerja Pj. Wali Kota Bima, H. Mohammad Rum, yang mencapai 79,3%. Survei ini melibatkan partisipasi dari berbagai lapisan masyarakat di wilayah Kota Bima.


Dalam rangka mengevaluasi kinerja H. Mohammad Rum, survei ini mengukur beberapa indikator kunci dalam berbagai bidang, termasuk ekonomi, lingkungan, sosial, dan budaya. Hasilnya menunjukkan bahwa layanan kesehatan dinilai berhasil mencapai 74,4%, dengan tingkat kepuasan mencapai 71,7%. Sementara itu, layanan pendidikan mendapat penilaian sebesar 68,5% dengan tingkat kepuasan 67,3%.


Namun, beberapa sektor seperti penyediaan infrastruktur, kesempatan/ lapangan kerja, dan perlindungan/ stabilitas harga menunjukkan angka yang lebih rendah, masing-masing sebesar 54,4%, 47,1%, dan 44,6%, dengan tingkat kepuasan berturut-turut 51,7%, 47,3%, dan 46,1%.


Di sisi lain, sejumlah sektor seperti kerukunan umat beragama, pemberdayaan pemuda, pemberdayaan perempuan, dan perlindungan anak menunjukkan angka yang cukup tinggi, mencapai masing-masing 69,5%, 63,2%, 63,9%, dan 62,9% dengan tingkat kepuasan yang sebanding.


Namun, meskipun demikian, tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja Pj. Wali Kota Bima tetap terjaga pada angka 79,3%. Secara keseluruhan, kinerja H. Mohammad Rum dalam bidang pemerintahan mencapai tingkat keberhasilan sebesar 60%, yang diimbangi dengan tingkat kepuasan masyarakat yang tinggi.


Menanggapi Hasil survei yang dirilis Lembaga Survei POLRAM ini, H. Mohammad Rum menegaskan bahwa keberhasilan ini diharapkan dapat menjadi landasan bagi Pemerintah Kota Bima untuk terus meningkatkan kualitas layanan publik dan responsif terhadap kebutuhan masyarakat.


Hasil survei ini memberikan pandangan komprehensif tentang kinerja Pemerintah Kota Bima dibawah kepemimpinan Pj. Wali Kota Bima dalam berbagai aspek, serta menyoroti area-area yang perlu ditingkatkan untuk memenuhi harapan dan kebutuhan masyarakat secara lebih baik di masa mendatang.


Pj. Wali Kota Bima, H. Mohammad Rum, menegaskan bahwa hasil survei POLRAM yang menunjukkan tingkat kepuasan masyarakat sebesar 79,3% adalah keberhasilan yang patut diapresiasi terutama dari segi partisipasi masyarakat dalam berbagai sektor pembangunan di Kota Bima. 


Beliau juga menyampaikan komitmen untuk memperbaiki area-area yang mendapat penilaian rendah, dan upaya untuk meningkatkan komunikasi serta kolaborasi dengan pihak terkait guna mengoptimalkan kualitas layanan publik.


"Saya sampaikan ucapan terima kasih atas kerjasama yang baik dari seluruh ASN dan Honorer Lingkup Pemerintah Kota Bima, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) Kota Bima, Segenap Pimpinan/ Anggota DPRD Kota Bima dan Jajaran Sekretariat DPRD Kota Bima, Jajaran TNI/ Polri, dunia usaha dan segenap lapisan masyarakat Kota Bima sehingga kita dinilai cukup berhasil dalam mengawal penyelenggaraan Pemerintahan Kota Bima. Semoga ini bisa kita pertahankan dan tingkatkan untuk tahun-tahun selanjutnya," pungkas H. Mohammad Rum. (Red)