DPMDes Puji Peran BUMDes Sari dalam Meningkatkan Perekonomian Desa

Iklan Semua Halaman

.

DPMDes Puji Peran BUMDes Sari dalam Meningkatkan Perekonomian Desa

Kamis, 05 Januari 2023

Drs. Mustakim, H. Husain, 
Kades Sari. 

Bima, Fajar Media. Com, - Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMDes) Kabupaten Bima memuji kinerja Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Desa Sari Kecamatan Sape Kabupaten Bima.

Kelompok Jabatan Fungsional pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMDes) Kabupaten Bima, Abubakar, S.Sos meminta agar desa lain di Kabupaten Bima ikut mencontohi model pengelolaan usaha BUMDes yang telah sukses, seperti di BUMDes Sari Kecamatan Sape Kabupaten Bima Nusa Tenggara Barat.


Menurutnya, BUMDes Sari saat ini memiliki laba dari usaha yang dikelola kurang dari Rp1 Milyar, itu tidak termasuk penyertaan modal yang diberikan Desa Sari.


Abubakar pun membocorkan cara mengelola BUMDes agar menghasilkan keuntungan atau laba dari usaha yaitu  kekompakan pengurus BUMDes, niat tulus membangun desa, pengelolaan menejemen yang baik, BUMDes harus memiliki sekretariat, memilih jenis usaha yang tepat sesuai potensi desa dan kebutuhan warga di desa setempat, kolaborasi antara BUMDes dengan pemerintah desa setempat sangat menentukan kesuksesan usaha BUMDes.


"Kepada seluruh BUMDes yang lain agar segera bangkit, bisa mengikuti kesuksesan yang telah ditorehkan BUMDes Sari Kecamatan Sape," himbauan master BUMDes itu kepada wartawan di ruang kerja Kabid Ekonomi, DPMDes Kabupaten Bima, Kamis (5/1/2023).


Terpisah Disampaikan Kepala Desa Sari, Drs. Mustakim, H. Husain, "Dalam hal peran pelayanan BUMDes, diketahui terdapat perbedaan layanan antara BUMDes dan lembaga keuangan mikro lainnya".


Pelayanan BUMDes sari lebih menitikberatkan kemudahan dengan asas kekeluargaan dan kepercayaan untuk para nasabah. Sedangkan pada lembaga keuangan mikro lain, proses pinjaman harus dilaksanakan dengan baik dan sesuai prosedur, tanpa ada pengecualian. Jelasnya


Selain itu Ungkap kades, "selama ini pengelolaan BUMDes Desa Sari dilaksanakan dengan profesional dan fleksibel, prosedur dengan digunakan lebih ringkas sehingga tidak membebani nasabahnya, dan kemudahan - kemudahan pada persyaratan pinjamannya serta tingkat bunga yang relatif rendah".


Dalam hal Peran Keuntungan BUMDes, ditemukan keuntungan atau pendapatan BUMDes juga dipengaruhi oleh pendapatan yang diterima dari usaha BUMDes yang lain seperti, usaha - usaha riil yang dikelola oleh BUMDes itu sendiri.Ungkapnya


Diceritakannya pula, Desa Sari Memiliki keunggulan 2 pengelolaan di Bidang Bumdes, Yakni POB/Pembayaran Listrik melalui Bumdes, kemudian Bumdes yang Akan membayarkan ke bank. "Bumdes hanya menarik 1000 (Seribu Rupiah /Pelanggan. yang ke dua simpan pinjam Masyarakat melalui modal Bumdes dengan bunga rendah atau 20/%".


Dan Usaha BUMDes pun dapat dibentuk sesuai potensi yang ada didesa sari , sehingga dapat memaksimalkan keunggulan dan keuntungan yang maksimal. Nah untuk kas Bumdes pada tahun ini meningkat Sudan Rp. 1.300.000.000, (Satu Miliar Tiga Ratus Juta Rupiah)


Jadi Peningkatan Pelayanan, dan Keuntungan dengan Keberlanjutan BUMDes memiliki pengaruh dalam Peningkatan Perekonomian Desa.


Pelayanan yang dilakukan BUMDes dapat meningkatkan produktivitas para nasabah, karena untuk mendapatkan pinjaman tidak diperlukan waktu yang lama dan proses yang berbelit-belit. Tutupnya. (Red)