Wali Kota Bima Kukuhkan Forum Genre Indonesia Se Kota Bima

Iklan Semua Halaman

.

Wali Kota Bima Kukuhkan Forum Genre Indonesia Se Kota Bima

Sabtu, 06 Mei 2023


Ket : Pose Saat Kegiatan Berlangsung. 

Kota Bima, Fajar Media. Com, - Dinas Pengendalian Penduduk Dan Keluarga Berencana (DPP-KB) Kota Bima dibawah kepemimpinan Nurjanah, S.Sos melakukan terobosan yang membanggakan kota bima. Dimana berdasarkan informasi yang diperoleh dari Perwakilan BKKBN Provinsi NTB bahwa kota bima merupakan satu-satunya kabupaten/kota yang telah melaksanakan kegiatan pengukuhan Duta genre dari kabupaten/kota se NTB.

Kegiatan yang dilaksanakan di pantai lawata pada jumat malam (5/52023) dihadiri langsung oleh Walikota Bima H.Muhammad Lutfi, SE (HML) Selaku Ayah GenRe, Ketua TP.PKK Hj. Elly Alwaini Selaku Bunda GenRe Kota Bima, Plt. Kaper BKKBN Provinsi NTB yang diwakili Koordinator Pokja Ketahanan Keluarga dan Rombongan beserta camat lurah yang mendapat undangan.


Pengukuhan Duta Genre dikukuhkan secara langsung oleh bunda GenRe Kota bima Hj. Ellya Alwaini yang di ikuti oleh seluruh Pengurus Genre Dan Duta Genre yang ada dimasing-masing kelurahan se kota bima.


Kepala Dinas DPPKB Kota Bima, Nurjanah, S.Sos dalam sambutannya menyampaikan bahwa pembangunan kependudukan dan keluarga berencana bertujuan untuk mewujudkan ketahanan dan kesejahteraan keluarga, ketahanan serta mengandung kemmpuan fisik materil guna hidup mandiri, mengembangkan diri dan keluarganya untuk hidup harmonis dalam meningkatkan kesejahteraan kebahagiaan lahir batin.


Pembinaan terhadap remaja dilakukan melalui program GenRe. Program ini dilaksanakan melalui dua pendekatan yakni pendekatan kepada remajanya langsung melalui PIK R/M, FGI dan duta Genre kelurahan.


Serta pendekatan kepada keluarga yang memiliki remaja melalui kelompok Bina Keluarga Remaja (BKR).


Kadis DPPKB melaporkan pada Bunda Genre bahwa Berdasarkan laporan hasil pengendalian lapangan dan pelayanan kontrasepsi bahwa jumlah kelompok kegiatan BKR di Kota bima saat ini sebanyak 21 Kelompok dan kelompok PIK R/M sebanyak 61 kelompok yang tersebar di lima kecamatan se kota bima, di tambah dengan telah dibentuknya duta Genre Kelurahan se kota bima yang saat ini akan dikukuhkan oleh Bunda Genre Kota Bima.


Lanjut Nurjanah bahwa pada prinsipnya program Genre bertujuan untuk mempromosikan pendewasaan usia perkawinan (PUP) sebagai bagian penting dalam upaya penurunan angka kelahiran (Total Fertility rate) yang pada gilirannya akan berujung pada terciptanya keluarga bahagia sejahtera.


Masih menurut Kadis DPPKB upaya yang dilakukan dalam pembangunan dan kesejahteraan keluarga pada akhirnya adalah untuk mewujudkan keluarga-keluarga di kota bima menjadi keluarga kecil bahagia sejahtera dan keluarga harus mampu menerapkan 8 fungsi keluarga yang semuanya dapat tercakup dalam prinsip asah, asih dan asuh demi mewujudkan ketahanan keluarga.


Forum GenRe ada bermula dari masalah remaja yang semakin kompleks mulai dari jumlahnya sampai dengan kesehatan diri remaja itu sendiri.


Oleh karena itu pemerintah melalui BKKBN telah mendesain program Genre dengan harapan semua penyiapan untuk memaksimalkan potensi remaja sebagai penerus pembangunan bangsa dapat tercapai.


Kadis DPPKB berharap dengan adanya kegiatan pembinaan oleh BKKBN Provinsi NTB Anak-anak (Duta GenRe) dapat lebih membuka wawasan sehingga dapat meningkatkan dan mengembangkan potensi diri sehingga lebih termotivasi untuk menjadi garda terdepan dan corongnya BKKBN.


Dan menjadi contoh bagi remaja lainnya sehingga remaja kota bima dapat terhindar dari masalah remaja terutama tiga bahaya kesehatan reproduksi yang harus dihindari remaja yaitu triad KRR, menjaga reproduksi dengan menghindari pernikahan dini, seks bebas, terhindar dari HIV/AIDS Dan Napza.


Sebelum mengakhiri sambutannya ibu kadis mengajak pada para duta genre yang akan dikukuhkan untuk membantu pemerintah kota bima dalam upaya penurunan stunting dengan cara melakuakan KIE dan Edukasi pada remaja tentang pentingnya mencegah stunting sejak dini yaitu dengan menikah pada usia ideal dan remaja putri rutin minum pil tambah darah dan remaja putra menghindari merokok.


Plt Kaper Perwakilan NTB yang diwakili Koordinator POKJA Ketahanan Keluarga Drs.Syamsul Anam, MPH mengharapkan pada Duta GenRe yang dilantik dapat memberikan kontribusi nyata dalam pelaksanaan program bangga kencana khususnya dalam upaya penurunan stunting di Kota bima dengan memaksimalkan potensi dan kemampuan yang dimiliki.


Duta Genre diharapkan dapat menjadi agen perubahan ( Agent of change) di wilayah kelurahannya masing-masing seperti memberikan KIE pada keluarga tentang pentingnya menjaga kesehatan dan berperilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) sehingga keluarga akan terhindar dari resiko stunting.


Walikota Bima H.Muhammad Lutfi, SE (HML) dalam arahanya menyampaikan agar Duta Genre tidak terjebak dengan pernikahan dini agar bisa bersaing di era global dan digitalisasi.


Walikota HML mengharapkan agar Duta Genre dapat membantu pemerintah untuk melakukan edukasi dan mensosialisasikan program pemerintah yang ada di lingkungannya.


Sehingga masyarakat mengetahui dan wawasannya bisa bertambah, duta Genre dapat juga melakukan pertemuan-pertemuan dilingkungannya untuk membahas masalah masalah yang ada dengan pihak kecamatan dan kelurahan guna untuk mendapatkan dukungan dan solusi.


Mengakhiri sambutannya Walikota HML menyampaikan ucapan selamat pada para duta Genre yang telah dikukuhkan dan mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Bima. (Red)