Prestasi Silat Hebat, PPLD Kobi Wajib Ada

Iklan Semua Halaman

.

Prestasi Silat Hebat, PPLD Kobi Wajib Ada

Kamis, 07 Februari 2019
(Walikota Bima, H.Muhammad Lutfi 
sedang melantik kenaikan tingkat (Sabuk) saat Milad PS-PBI Ke-13 Tahun 2019.)
Kota Bima, Fajar Media Bima.Com - Sekretaris Cabang Kota Bima Ikatan Pencak Silat (IPSI), Muslimin,S.Pt, M.Si manfaatkan momen milad Perguruan Silat "Putra Bima" Indonesia (PS-PBI) Ke-13 Tahun 2019 yang berlangsung di Aula SMPN 6 Kota Bima Minggu (03/02/2019) yang dihadiri Walikota Bima, H. Muhammad Lutfi, SE.

Dalam sambutannya Muslimin pada Milad PS-PBI tersebut, mengatakan, Cabang Olahraga (Cabor) Silat di NTB tidak diragukan lagi kualitas atlet asal Kota Bima ini, terbukti pada Pekan Olahraga (Por Prov) VI Tahun 2006 Kota Bima meraih 6 medali emas, Por Prov VII Tahun 2010 hanya 2 emas, Por Prov VIII Tahun 2014 raih 8 emas dan Por Prov 2018 kemarin meraih 7 medali emas. "Luar biasa sejak Kota Bima lahir sudah tiga kali juara umum satu pada Por Prov khususnya di cabor silat, melihat prestasi hebat ini perlunya Pemerintah Daerah untuk membangun Pusat Pendidikan Latihan Daerah (PPLD) di Kota Bima, seperti di provinsi ada PPLP NTB," pintah Muslimin.

Hal ini dilakukan, agara adanya generasi silat berprestasi secara berkelanjutan, dengan dikarantina dalam sebuah wadah PPLD. Maka pesilat lapisan kedua yang dibina dari tingkat pelajar, maka persiapan Por Prov 4 tahun sekali itu, mampu kita pertahankan sebagai juara umumnya.
Sudah jelas silat di Kota Bima ini menjadi percontohan bagi pesilat yang ada di kota/kabupaten lain di NTB ini.

Hal itu terbukti, para pesilat yang meraih medali emas selama ini adalah atlet jebolan PPLP NTB, sehingga PPLD di Kota Bima wajib ada, dan PPLD saat ini hanya ada di Kabupaten Lombok Barat satu-satunya di NTB. "Kenapa PPLD di Kota Bima tidak dibangun pak Walikota Bima (H. Lutfi, red) yang kebetulan Dewan Penasehat perguruan silat PBI," lanjutnya.

Perlunya PPLD itu dibangun di Kota Bima atas dasar kejuaraan olahraga ditingkat pelajar seperti Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN), Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) tingkat provinsi NTB, khusus cabor silat, Kota Bima selalu keluar sebagai juara umumnya. Apalagi Kejuaraan Daerah (Kejurda) NTB khusus IPSI, tetap Kota Bima unggul.

Menanggapi hal tersebut, Walikota Bima, H. Muhammad Lutfi, SE dalam sambutannya sebagai dewan penasehat PS-PBI menanggapi pernyataan pengurus cabor silat Kota Bima. H. Lutfi menyampaikan terimakasih kepada cabor silat yang mampu mempertahankan juara umum Por Prov, hal ini digapai atas kerjasamanya atlet, pelatih dan pengurus cabor setempat.

Sehingga prestasi itu, mudah digapai dan tentu saja pemerintah tidak menutup mata dan tidak menutup telingga untuk memberikan sport dan dukungan kepada atlet dan cabor yang berprestasi. "Mudah-mudahan pesilat Kota Bima tidak hanya berprestasi dikanca provinsi, tapi mampu menyumbang medali ditingkat nasional dan internasional," singkatnya. (F.2)