Dinsos Kab. Bima, Kecamatan Langgudu Ditetapkan Sebagai Wilayah PKH Akses

Iklan Semua Halaman

.

Dinsos Kab. Bima, Kecamatan Langgudu Ditetapkan Sebagai Wilayah PKH Akses

Selasa, 05 Februari 2019

(Ket: Foto Bersama Bupati Bima,
 Hj.Indah Damayanti Putri, Bersama Jajaran Pejabat Lingkup Pemkab Bima)
Kabupaten Bima, Fajar Media Bima. Com,- Program Harapan (PKH)Tahun 2019, Kecamatan Langgudu ditetapkan sebagai wilayah Program Keluarga Harapan (PKH) Akses, dari 18 Kecamatan se Kabupaten Bima setelah memenuhi kriteria yang ditetapkan.

Tentunya kata Kepala Dinas Sosial Kabupaten Bima Salahudin SH  Senin (4/2) bahwa, tahun 2019 ini anggaran PKH yang disalurkan ke Kabupaten Bima mencapai peningkatan dari Rp. 70 miliar pada tahun 2018 lalu menjadi Rp. 100 miliar tahun ini.

Terkait penetapan PKH Akses, kriterianya merujuk pada pemberian bantuan sosial dengan pengkondisian secara khusus untuk   meningkatkan   aksesibilitas   keluarga   miskin   dan   rentan terhadap layanan sosial dasar yang berada di wilayah sulit dijangkau.

"Dengan penetapan ini, lebih dari dua ribu Keluarga Penerima Manfaat (KPM)  PKH di kecamatan Langgudu menerima bantuan tetap satu juta rupiah. Disamping komponen lainnya seperti Ibu Hamil dan balita, anak Sekolah maupun Lansia /disabilitas". Terang mantan Sekretaris Inspektorat Kabupaten Bima ini.

Berdasarkan Juknis yang ada, komponen bantuan per tahun yang termasuk dalam PKH ini adalah Rp 1 juta bantuan tetap untuk PKH Akses, Rp. 2,4 juta untuk Ibu hamil/balita, Rp 4 juta bagi anak SD, Rp 1,5 juta bagi yang Siswa SMP dan Rp 2 juta untuk Pelajar SMA. Disamping itu, terdapat bantuan bagi Lansia/disabilitas senilai Rp 2,4 juta.

"Penetapan tersebut berdasarkan usulan kepada Kementerian Sosial dengan mengacu kepada tiga kriteria utama yang mencakup kondisi masyarakat dan wilayahnya relatif kurang berkembang dibandingkan dengan daerah lain baik dalam aspek administratif, kemasyarakatan, dan perekonomian masyarakat.

Indikator lainnya jelas Salahudin adalah wilayah yang sulit diakses secara geografis dan daerah/pulau terluar yang memiliki letak strategis yang berbatasan dan berhadapan langsung dengan negara lain.(TIM)