Pemda Bantu 9 Rumah Rusak Akibat Putting Beliung Di Wilayah Kecamatan Donggo

Iklan Semua Halaman

.

Pemda Bantu 9 Rumah Rusak Akibat Putting Beliung Di Wilayah Kecamatan Donggo

Rabu, 23 Januari 2019
Kabupaten Bima, Fajar Media Bima.Com,- Sebanyak 9 rumah warga masyarakat yang berada di Kecamatan Donggo pada hari Rabu (23/1) mengalami kerusakan akibat terjangan  angin putting beliung yang berada di wilayah Kecamatan Donggo pada jam 6.30 wit.

Menurut Camat Donggo Abubakar, SE menyampaikan bahwa akibat dari terjangan angin putting beliung banyak rumah penduduk yang mengalami kerusakan akibat terjangan angin putting beliung, sehingga warga masyarakat yang berada di wilayah tersebut merasa panik dan keluar dari rumah dalam rangka menyelamatkan diri mereka pada saat kejadian tersebut. Dari kejadian tersebut beruntung tidak ada korban jiwa warga masyarakat dalam peristiwa  tersebut,  namun kerugian materiel ditkasir mencapai puluhan juta rupiah.


Lebih lanjut, Camat Donggo, angin kencang datang sangat cepat hingga membuat warga panik dan berhamburan keluar rumah. “Angin puting menghantam sangat cepat saat kejadian tersebut, sehingga  Warga yang panik berlarian keluar rumah karena takut. Bahkan rumah warga mengalami rusak parah terutama di bagian rangka atap yang tampak terbongkar akibat diterjang angin. Selain atap berterbangan, dinding rumah warga juga ikut rusak. Sementara itu, aliran listrik yang sempat padam saat angin puting beliung menerjang rumah warga kini sudah kembali normal.

Usai kejadian, warga langsung melakukan pembersihan dan perbaikan rumah mereka. Warga mengaku buru-buru membenahi rumah mereka yang rusak karena tak ingin rumahnya kehujanan dan perabotannya rusak terkena air. Tidak ada korban akibat peristiwa ini.

Berdasarkan laporan dari Camat Donggo terkait kejadian angin putting beliung, Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri pada hari Kamis tanggal 24 Januari 2019, langsung menuju kelokasi kejadian angin putting beliung, dimana pada saat kunjungan kerumah warga yang mengalami terjangan angin putting beliung dalam rangka  menyerahkan bantuan, beliau juga menyampaikan bahwa, kepada seluruh warga masyarakat yang mengalami musibah terjangan angin putting beliung di wilayah kecamatan Donggo agar bersabar dan diberikan ketabahan, “ Jadikanlah ini suatu pelajaran untuk kita semua dan semoga untuk korban diberikan ketabahan,” ucapnya.

Pada kesempatan ini saya juga menghimbau kepada dinas terkait agar dapat mendata kerugian yang dialami musibah angin putting beliung sehingga dari data tersebut pemerintah akan memberikan bantuan dalam rangka membangun kembali rumah yang rusak akibat terjangan putting beliung.hal ini dikarenakan dengan adanya data pemerintah daerah akan memberikan bantuan terhadap warga masyarakat yang mengalami korban terjangan angin putting beliung.

Pada kesempatan ini selain melihat langsung warg masyarakat yang terkena terjangan angin putting beliuang saya selaku pribadi menyerahkan bantuan kepada masing – masing kepala keluarga yang mengalami korban terjangan putting beliung tersebut dalam rangka meringankan beban terhadap warga masyarakat yang mengalami kejadian terjangan angin putting beliung ini.(F1.H)