Akademisi Sorot Kinerja PLN Tidak Koparatif Pada Keluhan Warga

Iklan Semua Halaman

.

Akademisi Sorot Kinerja PLN Tidak Koparatif Pada Keluhan Warga

Kamis, 25 Januari 2024

Hajairin, akademisi Universitas Muhammadiyah Bima (UM Bima). 


Kota Bima, Fajar Media. Com, -  Akademisi Sorot Kinerja PLN Tidak Koparatif Pada Keluhan Warga. Pasalnya, seorang warga udah 2 Tahun tertancap Tiang Listrik di Pekarangannya, dan secara administrasi warga telah melaporkan secara resmi dan sudah masukkan surat ke PT PLN Cabang Bima.


Malah PT PLN Cabang Bima terkesan tidak terbuka, seharusnya Sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) milik publik, mestinya terbuka dan humanis. Tidak terbuka alias tertutup melayani dan memberikan informasi pada warga. 


Atas keluhan warga, Pihak Akademisi menyampaikan, "Sebagaimana Undang-Undang PLN nomor 30 Tahun 2009 tentang Ketenagalistirikan, yang salah satunya berisikan kebijakan dan upaya pemerintah dalam memberikan hal pada pelanggan listrik dengan menetapkan mutu pelayanan".


Hajairin, akademisi Universitas Muhammadiyah Bima (UM Bima), menanggapi serius kerja pelayanan PT PLN Cabang Bima yang tertutup bahkan dalam menyampaikan keterbukaan informasi publik pada sejumlah wartawan.


Pada wartawan, dosen senior UM Bima ini, menyayangkan sikap apatis dan tertutup yang ada di manajemen PT PLN Cabang Bima.


Menggarisbawahi keluhan Ramlah, warga Lingkungan Bedi Kelurahan Manggemaci Kecamatan Mpunda Kota Bima, hingga dua tahun berjalan, belum ada tanggapan pihak PT PLN Cabang Bima, atas keberadaan tiang listrik di pekarangannya, nilai Hajairin sebagai sikap apriori dan terkesan acuh tak acuh menjawab masalah warga yang berkaitan dengannya.


PT PLN Cabang Bima Bima, sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mestinya melayani sepenuh hati apa yang menjadi keluhan masyarakat. Apalagi informasinya, warga sudah dua tahun lebih, mengeluhkan. Keberadaan tiang listrik di  Pekarangannya yang menghalangi rencananya membangun rumah di tanah sendiri.


Sebagai perusahaan Plat Merah, sentil Hajairin, manajemen PT PLN Cabang Bima, peka dan responsif setiap keluhan yang disampaikan masyarakat. "Tidak sebaliknya cuek dan tertutup apalagi mempersulit,"sentil


Pihak PT PLN Cabang Bima yang dikonfirmasi sejumlah wartawan pun, mendapatkan pelayanan yang tertutup pula. Meski pada akhirnya diterima.


Rodwan bagian Administrasi PT PLN Cabang Bima, menjelaskan keluhan warga itu akan ditindaklanjuti dengan meminta pihak warga yang mengonplain agar segera menyampaikan secara tertulis.


Setelah itu katanya, akan disurvey dan menjanjikan dalam waktu tertentu yang tidak lebih dari sebulan, jika ada anggaran akan segera dipindahkan.(TIM)