Perwakilan BKKBN Provinsi Bersama DP3AP2KB Gelar Kegiatan Pengelolaan PPKS di Balai Penyuluh

Iklan Semua Halaman

.

Perwakilan BKKBN Provinsi Bersama DP3AP2KB Gelar Kegiatan Pengelolaan PPKS di Balai Penyuluh

Rabu, 03 Mei 2023

 

Ket : Poce Saat Kepala Kepala DP3AP2KB, Nurdin, S.Sos, Memberikan Sambutan Di Acara Kegiatan Peningkatkan Kapasitas Pengelolaan Pusat Pelayanan Keluarga Sejahtera (PPKS). 

 

Kabupaten Bima, Fajar Media. Com, - Dinas Kabupaten Bima, Pemerintah Daerah Kabupaten Bima melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB), Gelar Kegiatan Peningkatkan Kapasitas Pengelolaan Pusat Pelayanan Keluarga Sejahtera (PPKS) di Balai Penyuluh - Pencatatan dan Pelaporan Melalui (NEW SIGA). 


Hadir dalam Kegiatan tersebut, Kepala Dinas DP3AP2KB, Nurdin, S.Sos, serta Jajaran, Ketua Pokja Balita dan Anak (BALNAK) Kantor BKKBN Provinsi NTB, Mia Oktora, S.Sos.MM, serta Jajajaran, dan dihadiri oleh 18 Kepala PKB di Kabupaten Bima. 




Dalam sambutannya, Kepala DP3AP2KB, Menyatakan, bahwa kegiatan Peningkatkan Kapasitas Pengelolaan (PPKS). Dan PPKS adalah wadah untuk mendekatkan Program Bangga Kenca dan Pembangunan Keluarga Pendudukan dan Keluarga Berencana Pada Masyarakat. Kata Nurdin. 


Nurdin Juga menyampaikan bahwa, Di Balai Penyuluh - Pencatatan dan Pelaporan Melalui (NEW SIGA) ini agar semua bekerja dalam memperhatikan Data sesuai kinerja di masing - masing kelompok. 


Kegiatan ini juga diharapkan agar terus ditingkatkan sesuai SOP, dan di masing - masing PKB Kecamatan agar Berperan Penuh dalam memantau langsung Kelompok yang dibentuk dalam meningkatkan (PPKS) melalui (NEW SIGA) dimaksud. Harap Nurdin dalam Sambutannya. 


Waktu yang sama juga disampaikan oleh, Mia Oktora, S. Sos. MM. Selaku Ketua Pokja Balita dan Anak (BALNAK) Dinas BKKBN Povinsi NTB, Dalam Pengelolaan Pusat Pelayanan Keluarga Sejahtera, atau Kelompok yang terdata melalui (PPKS) ini juga dibentuk untuk meningkatkan ketahan keluarga, meningkatkan kapasitas pengolahan melalui PPKS. Dan pencatatan dan pelaporan melalui dimasukkan melalui (NEW SIGA) ". 


Juga diharapkan pada semua kelompok agar segera dilaporkan di NEW SIGA setiap bulan. Dan setiap tgl 15 laporan sudah masuk semua di NEW SIGA. 


Dalam bentuk kegiatan konseling dan Komunikasi Infomasi Edukalsi (KIE) pada keluarga yang memiliki Balita, Remaja,  dan Lansia dan termasuk kepada Konselin Kesehatan Reproduksi, (KKR).Oktora


Kegiatan hari ini juga untuk meningkatkan pengelolaan PPKS kepada pengelola dan pelaksana PPKS yang ada di 8 balai penyuluh KB Kabupaten Bima. Jelas Mia Oktora


Mia Juga menyampaikan, Tahun 2022 yang lalu kelompok ini sudah terbentuk 8 kelompok (PPKS) di balai Penyelulu yang berlokasi di 8 kecamatan. 


Sedangkan tahun 2023 sudah terdata ada 15 PPKS di kabupaten bima. Jadi belum semua. Trus sisanya ada 3 Kecamatan, yakni : Kecamatan Donggo, Soromandi dan Kecamatan Parado. 


Jadi untukk kami BKKBN Provinsi, hari ini kami melakukan penguatan, pengelolaan PPKS yang ada di 8 balai penyuluh KB Kecamatan. Dan kelompok juga bisa mengakses mendapatkan informasi dan konsultasi secara gratis terkait 8 jenis pelayanan yang ada di PPKS. Tutupnya. (Red)