Iklan Semua Halaman

.

Selasa, 28 Maret 2023

 Rencana Pemkot Bima Akan Bangun Rumah Sakit Kota di Eks Kantor Walikota Lama pada Tahun 2025 Mendatang




Kota Bima, Fajar Media. Com, - Pemerintah Kota Bima Tahun 2025 mendatang berencana merelokasi pembangunan rumah sakit di atas tanah eks kantor walikota lama seluas 3 hektare, rencana tersebut telah disetujui oleh Kementerian Kesehatan RI. 


Hal ini diungkapkan Bapak Wali Kota Bima, H Muhammad Lutfi, SE saat sosialisasi Program Pemerintah di Kelurahan se-Kota Bima Tahun 2023. di Kelurahan Mande, pada hari Selasa, 21 Maret 2023.


Rencana relokasi rumah sakit kota ini akan memungkinkan pengembangan ke depannya, sebab di lokasi saat ini, rumah sakit kota bima tidak bisa dikembangkan atau diperlebar lantaran lahannya yang sempit.





Saat sosialisasi tersebut, Walikota juga menjelaskan upaya lain pemerintah Kota Bima di bidang kesehatan, yakni menjamin kesehatan masyarakat kota bima melalui BPJS Cabang Bima, menurutnya, Kota Bima adalah salah satu kota pertama sudah dinyatakan "Cakupan Semesta", dan saat ini bagi masyarakat ber KTP Kota Bima yang telah didaftarkan BPJS nya sudah langsung aktif, tidak lagi berupa kartu BPJS, hanya membawa e-KTP warga sudah bisa dilayani di puskesmas, rumah sakit, rujukan dirumah sakit provinsi, hingga dirujuk ke jakarta, mobil ambulance juga ditanggung oleh BPJS.


Sejak tahun 2022 BPJS tidak lagi mencetak kartu BPJS, penggantinya cukup E KTP, anak-anak yang memerlukan perawatan cukup menunjukkan Kartu Keluarga atau Kartu Identitas Anak, bagi anak yang baru lahir ditanggung oleh BPJS dengan syarat cukup menyiapkan perlengkapan administrasi kependudukan orang tua.(Red)