Terima Siswa Baru Tahun Ini, SDN 05 Kobi Utamakan Berkualitas

Iklan Semua Halaman

.

Terima Siswa Baru Tahun Ini, SDN 05 Kobi Utamakan Berkualitas

Rabu, 29 Juni 2022


Kota Bima, Fajar Media Bima. Com, - Jadwal penerimaan siswa baru di sekolah dasar. Tahun ini SDN 05 Kota Bima telah menetapkan penerimaan siswa baru tahun 2022 hanya tiga kelas dan telah menutup pendaftaran pada 25 Juni lalu. Saat ini panitia hanya menerima tiga rombongan belajar (Rombel) karena beberapa pertimbangan.


Kepala SDN 05 Kota Bima, Suhardin, S.Pd, M.Pd, menyatakan, saat ini pihaknya telah menerima 85 calon siswa baru dari target hanya 75 siswa, sedangkan formulir pendaftaran yang tersebar sekitar 100 lebih. “Memperhatikan jumlah ruangan, Kita telah sepakat hanya menerima tiga kelas, ini dilakukan untuk kenyamanan belajar siswa,” ujarnya Rabu 29 Juni 2022 usai menggelar rapat dengan guru di sekolah tersebut.


Selain karena ruangan yang terbatas, pihaknya juga telah mempertimbangkan aturan zonasi, jika sekolah tersebut menerima lebih banyak siswa maka akan berimbas pada sekolah lain yang ada di sekitar, mereka nantinya akan kekurangan siswa. “Makanya Kita batasi hanya tiga kelas saja,” katanya.


Jika sekolah lain mengejar banyak siswa untuk penambahan dana bantuan operasional (BOS), maka sekolah itu tidak berambisi untuk menambahnya dan lebih mengutamakan kualitas ketimbang kuatintas.


Bahkan kata Suhardi, untuk tiga bulan terakhir ini pihaknya tidak mendapatkan BOS akibat adanya kesalahan input data pada tahun 2020 lalu, pusat tidak mengirimkan dana tersebut bersama sekolah lain yang ada di Kota Bima. “Kalau dana BOS tak ada apa yang bisa Kita lakukan, sekolah tak ada biaya operasional,” sesalnya.


Sementara untuk mendapatkan BOS periode ini, sekolah harus memmperbaiki data terlebih dahulu, setelah pembenahan data, setyelah itu minimal akan dikirim pada pertengahan Agustus bulan depan. “Untuk operasional sebelum bulan itu belum bisa diantisipasi dan belum Kita pikirkan seperti apa,” ujarnya.(RED)