Walikota Bima melalui Sekda Perintahkan BPBD dan Satpol PP Damkar Ambil Langkah Strategis Bantu Masyarakat Sambinae

Iklan Semua Halaman

.

Walikota Bima melalui Sekda Perintahkan BPBD dan Satpol PP Damkar Ambil Langkah Strategis Bantu Masyarakat Sambinae

Rabu, 25 Desember 2019
Kota Bima, Fajar Media Bima.com,- Terkait bencana yang terjadi siang ini (Sabtu, 25 Desember 2019) yaitu Banjir Lumpur dari Gunung di beberapa wilayah diantaranya Kelurahan Sambinae, Panggi, Pane dan Dara. Hal ini disebabkan curah hujan disertai angin mengguyur sebagian wilayah Kota Bima jam 12.05 Wita -13.05 Wita.

Walikota Bima H Muhammad Lutfi SE melalui Sekretaris Daerah Kota Bima Drs H Mukhtar MH memerintahkan Kepala BPBD untuk mengambil langkah-langkah strategis untuk membantu warga di tiga kelurahan tersebut. Kepada Satpol PP dan Damkar juga diperintahkan untuk melakukan penyemprotan lumpur di jalan raya yang tertutupi lumpur. Selain itu pula, Dinas Lingkungan Hidup diminta membantu dengan loder mini.

Berdasarkan laporan langsung dar BPBD Kota Bima, rincian informasi kejadian bencana, Rabu  25 Desember 2019, diantaranya :

1. Banjir dari gunung di lingkungan Niu Kelurahan Dara;
2. Banjir dari gunung di Kelurahan Sambinae;
3. Pohon tumbang di sekitar Falcao Kelurahan Dara;
4. Pohon tumbang di Rt.10 Kelurahan Pane;
5. 1 Atap rumah rumah warga Rt 12 Kelurahan Manggemaci rusak akibat angin kencang.

Adapun korban yang terdampak diantaranya Banjir Ni'u lebih kurang 30 KK, Kelurahan Sambinae 35 KK dan angin kencang Manggemaci sebanyak 1 KK.

Sementara itu, beberapa upaya yang telah dilakukan diantaranya: (1) Pendataan dan pembersihan di wilayah terdampak banjir; (2) Pemotongan dan pembersihan pohon yg tumbang; (3) Pemberian bantuan bagi korban angin kencang di Manggemaci berupa terpal, selimut, paket sembako dan tikar. Dan malam ini akan diadakan pembagian nasi bungkus sebanyak 300 bungkus.(F.02)