Mahasiswa Kesehatan Kunjungi SLB Al Gifari

Iklan Semua Halaman

.

Mahasiswa Kesehatan Kunjungi SLB Al Gifari

Minggu, 20 Oktober 2019
(Kepala Sekolah/Jajaran GuruDLB Algifari Dengan
 Sejumlah Mahasiswa Saat Foto Bersama.)
Kota Bima, Fajar Media Bima.Com - Selama 7 hari terhitung 14 - 19 Oktober 2019 mahasiswa Poltekkes Mataram Prodi Keperawatan D-III Bima menggelar Prakrek Klinik Keperawatan  (PKK) pada Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) di Sekolah Luar Biasa (SLB) Al Gifari Kota Bima.

Kepala SLB Al Gifari Kota Bima, Sanusi, S.Pd mengatakan, mahasiswa Prodi D-III Keperawan Bima sebanyak 12 orang merupakan ditugaskan oleh UPT Puskesmas PenanaE Nomor 159-1/378/PKM-03/X/2019 Tanggal 07 - 10 - 2019. "Ke 12 mahasiswa itu melakukan bimbingan kesehatan, seperti bagaimana merawat kesehatan, diantara cara mengosok gigi, dan kebersihan cara berpakaian," katanya saat dijumpai Senin (21/10/2019).
Adapun siswa SLB Al Gifari yang mengikuti kegiatan PKK sebanyak 25 orang yang terdiri ABK, tuna netra, tuna rungu, tuna grahita dan tuna daksa.

Kegiatan PKK ini selama tujuh hari digelar pukul 07.30 - 11.30 wita. Dampak positif dengan adanya kegiatan tersebut, dapat mengajarkan anak-anak ABK bisa melakukan pola hidup sehat, baik pola makan dan berpakaian (Merawat diri). "Kegaiatan kesehatan ini, rutin dilakukan setiap tahun, baik dari mahasiswa kesehatan, dinas kesehatan dan ikatan dokter," tambahnya.

Diberita lainnya, Sanusi juga menyampaikan prestasi yang digapai siswanya pada Olimpiade Olaraga Siswa Nasional (O2SN) PKLP (Pendidikan Khusus dan Layanan Khusus) Tahun 2019, di mana tiga orang siswanya pada tingkat provinsi NTB juara satu dan tiga pada nomor  balap kursi roda Putra, desain grafis Putra dan bocce Putri. Sehingga pada tingkat nasional atas Muhammad Sultan pada nomor balap kursi roda meraih nomor 12 besar dari 34 provinsi lainnya, sementara 2018 lalu atas Muhtin pada nomor yang raih juara pertama (Medali Emas) pada tingkat nasional, tutupnya.(F.02)