H. Lutfi : Kalau Mutasi Dibangun Ada Unsur Dendam, Tidak Akan Habis

Iklan Semua Halaman

.

H. Lutfi : Kalau Mutasi Dibangun Ada Unsur Dendam, Tidak Akan Habis

Rabu, 15 Mei 2019
(Walikota Bima. H.M.Lutfi, SE
 Saat Menandatangani SK.)
Kota Bima, Fajar Media Bima.Com –Walikota Bima H. Muhammad Lutfi, SE Rabu (15/05/2019) pukul 11.30 wita menggelar pelantikan pejabat tingkat Struktural dari eselon VI, III dan eselon II Lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Bima. Mutasi dan rotasi yang seharusnya digelar pukul 10.00 wita sesuai undangan pelantikan, harus molor hingga satu setengah jam yang bertempat di Convention Hall (Gedung Paruga Na’E).

Pejabat yang dimutasi dan rotasi tersebut berkisar sekitar 200 lebih orang dan pembacaan nama-nama pejabat saja yang dirotasi maupun promosi jabatan tersebut memakan waktu hingga satu jam lebih lamanya. Adapun beberapa nama-nama pejabat dimaksud yakni Drs. H. Fahruroji, ME mendapatkan jabatan baru sebagai Kepala Bappeda dan Litbang, DR. Syamsudin, MM yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Inspektorat kini mendapat jabatan baru sebagai Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud).

(Nampak Foto Sejumlah Pejabat
 Yang diambil Sumpah Jabatannya.)
H. Muhaimin, SE, M.Si selaku Sekretaris DPRD Kota Bima mendapatkan jabatan baru sebagai Kepala Inspektorat, Ir. Darwis sebelumnya sebagai Plt Kepala Bappeda dan Litbang mendapat jabatan baru sebagai Kepala Dinas Pertanian, Ir. Hj. Rini Indriati sebelumnya menjabat Kepala Dinas Pertanian kini mendapat jabatan baru sebagai Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan.

Drs. H. Alwi Yasin, M.Ap sebelumnya Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan dilantik sebagai Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Drs. M. Saleh selaku Staf Ahli kini mendapat jabatan baru sebagai Kepala BKPSDM (BKD), kemudian Drs. H. Supratman, M.Ap yang sebelumnya sebagai Kepala BKPSDM dilantik menjadi Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejateraan Sosial, Drs. M. Farid, M.Si jabatan sebelumnya selaku Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejateraan Sosial mendapat jabatan sebagai Staf Ahli Walikota Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik.

Nurjanah, S.Sos Kepala Koperindang dilantik sebagai Kepala DPPKB, Drs. Suryadin sebelumnya sebagai Kepala DPPKB kini mendapat jabatan baru sebagai Kepala Statistik Daerah, Ir. H. Imam, BP, MP sebelumnya Kepala Statistik Daerah dilantik sebagai Staf Ahli Walikota bidang Ekonomi dan Keuangan.

Drs. Kaharudin yang sebelumnya Plt Kepala Sat Pol PP menjadi devinitif dijabatannya tersebut, begitupun Abdul Malik, SP, M.Ap Plt Kabag Humas didefinitifkan, Drs. H. A. Wahid sebelumnya sebagai Kabag Kesra mendapatkan jabatan baru sebagai Sekretaris BKPSDM (BKD). Sementara H. Ahmad, S.Ag dilantik sebagai Kabag Kesra, Abdul Haris, SE dilantik menjadi Sekretaris Diskoperindag, Drs. A. Haris sebagai Sekretaris Dinas Sosial dan Agus Purnama ST, MT jabatan baru sebagai Sekretaris PUPR.

Sementara posisi jabatan Camat, diisi Sirajuddin, S.Sos dilantik sebagai Camat Raba, H. Abdul Hafid H.M. Ali, S.Sos sebagai Camat Mpunda, Suryadin, SH dilantik sebagai Camat Asakota. H. Fahruddin, S.Sos jabatan baru Sekretaris Dinas Statistik yang sebelumnya menjabat sebagai Kabag Administrasi Pemerintahan yang kini diduduki Ihwanul Muslimin, Sp.

Dalam sambutannya Walikota H. Muhammad Lutfi didampingi Sekda Drs. H. Muhtar Landa, MH mengatakan,  mutasi dan rotasi ini tidak ada terkait politik pada Pilkada 2018 lalu. Pasalnya, kalau pemerintahan ini dibangun atas dasar dendam, maka tidak akan habis-habisnya. “Dalam mutasi ini tidak ada songok menyonggok (Jual beli jabatan), karena dalam hidup saya tidak pernah mengenal istilah budaya songok menyonggok,” katanya.

Dirinya juga menyampaikan, pada mutasi dan rotasi Pemerintahan Lutfi – Feri ini, tidak ada dari pihak keluarganya yang mendapatkan posisi stategis disetiap jabatan itu. Karena kami (Kepemimpinan Lutfi – Feri) menempatkan pejabat sesuai keahliannya masing-masing.

“Tapi ingat jabatan itu amanah jangan dihianati, kalau tidak mampu bekerja silahkan minta undur diri sebelum saya menjopot dari jabatan dimaksud. Saya tidak berpikir untuk Pilkada 2023 mendatang, tapi bagaimana selama kepemimpian Lutfi – Feri selama 5 Tahun kedepan ada peningkatan sesuai visi – misi kami,” terangnya.

Lanjutnya, pemerintahan dibawah kendali Lutfi – Feri juga akan memberikan sangsi yang berat kepada ASN yang malas bekerja, misalkan keluyuran pada saat jam kerja dan diketemukan di pasar.

“Saya sendiri yang akan memberikan sangsi berupa Push Up pada ASN itu, apabila diketemukan saat jam kerja menggunakan seragam keki dipasar,” ancamnya, sambil menggingatkan pada pejabat yang dilantik untuk tidak menzolimi sumpah jabatannya. (F.02)