Menyambut Hari Gizi Nasional Ke- 59, Dikes Kabupaten Bima Adakan Pelayanan Kesehatan Gratis

Iklan Semua Halaman

.

Menyambut Hari Gizi Nasional Ke- 59, Dikes Kabupaten Bima Adakan Pelayanan Kesehatan Gratis

Senin, 21 Januari 2019
Kabupaten Bima, Fajar Media Bima.Com,- Dalam rangka menyambut Hari Gizi Nasional Ke – 59 yang jatuh pada tanggal 25 Januari tahun 2019 tingkat Kabupaten Bima,  Dinas Kesehatan Kabupaten Bima bersama jajaranya melakukan kegiatan pelayanan pengobatan kesehatan gratis terhadap warga masyarakat desa Rada Kecamatan Bolo pada hari Kamis (17/1).

Kegiatan tersebut selain dihadiri oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bima beserta jajaranya, juga dihadiri oleh Camat Bolo, Kepala Puskesmas Kecamatan  Bolo, Kepala Desa Rada serta seluruh warga masyarakat desa Rada  kecamatan Bolo.

Menurut Kasi Gizi pada Dinas Kesehatan Kabupaten Bima yang juga sebagai ketua Persagi Tita Mashita, M.Si mengatakan bahwa kegiatan yang dilaksanakan ini selain memberikan pemahaman akan pentingnya kesehatan bagi warga masyarakat, momentum ini juga dalam rangka mencegah terjadinya stunting dan penyakit tidak menular, dimana stunting ini merupakan salah satu gangguan tumbuh kembangnya yang menyebabkan anak memiliki postur tubuh pendek, jauh dari rata-rata anak lain di usia sepantaran. Tanda-tanda stunting biasanya baru akan terlihat saat anak berusia dua tahun.

Lebih lanjut, Stunting mulai terjadi ketika janin masih dalam kandungan disebabkan oleh asupan makanan ibu selama kehamilan yang kurang bergizi. Akibatnya, gizi yang didapat anak dalam kandungan tidak mencukupi. Kekurangan gizi akan menghambat pertumbuhan bayi dan bisa terus berlanjut setelah kelahiran. Selain itu, stunting juga bisa terjadi akibat asupan gizi saat anak masih di bawah usia 2 tahun tidak tercukupi. Entah itu karena tidak diberikan Asi Eksklusif atau makanan pendamping ASI  yang diberikan kurang mengandung zat gizi yang berkualitas — termasuk zink, zat besi, serta protein.
Efek stunting tidak bisa dikembalikan seperti semula jika sudah terjadi. Terlebih, kekurangan gizi pada anak usia dini meningkatkan angka kematian bayi dan anak. Maka, gangguan pertumbuhan ini harus segera ditangani dengan tepat.Namun, selalu lebih baik untuk mencegah stunting daripada mengobatinya.

Salah satu hal yang dapat mencegah stunting pada anak sejak dari masa kehamilan, sudah bisa dilakukan sejak dini semenjak masa kehamilan. Kuncinya tentu dengan meningkatkan asupan gizi ibu hamil dengan makanan yang berkualitas baik. Zat besi dan asam folat merupakan  kombinasi nutrisi penting selama kehamilan yang dapat mencegah stunting pada anak ketika ia dilahirkan nanti.

Kepada seluruh stakeholder dan warga masyarakat agar dapat mendukung kegiatan ini dalam rangka mencegah terjadinya stunting dan penyakit tidak menular dengan cara melakukan pemeriksaan kesehatan di posyandu, puskesmas maupun di rumah sakit sehingga kedepan warga masyarakat terutama ibu dan balita dapat melakukan gerakan hidup sehat sebagai wujud peningkatan gizi pada ibu dan balita tersebut. 

Adapun bentuk pelayanan / kegiatan yang kami lakukan diantaranya, pengobatan gratis, pemeriksaan darah, khitanan, konseling gizi, pelayanan posyandu serta pelayanan yang terkait dengan kesehatan.
Camat Bolo Mardiana, SH juga menyampaikan,  bahwa kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan yang harus kita dukung bersama, terutama dalam hal pelayanan kesehatan, karena pelayanan kesehatan merupakan salahsatu hal yang sangat penting dalam rangka menjaga kesehatan kita selaku warga masyarat terutama bagi ibu dan balita. 

Oleh karena itu dengan adanya kegiatan ini diharapkan kepada seluruh warga masyarakat agar dapat memanfatkan momentum ini untuk diperiksa kesehatannya sehingga penyakit yang diderita dapat diketahui dan diberikan pengobatan terhadap para bidan yang memberikan pelayanan.

Pada kesempatan ini kami selaku camat Bolo sangat memberikan apresiasi terhadap jajaran Dinas Kesehatan Kabupaten Bima atas kegiatan yang dilaksanakan ini dalam rangka pemberian pelayanan kesehatan ujarnya.

Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri, SE mengatakan bahwa dengan adanya pelayanan yang diberikan ini dalam rangka  memberikan pemahaman kepada warga masyarakat akan pentingya kesehatan, karena kesehatan ini sangatlah penting bagi kehidupan masyarakat, maka dari itu dengan pelayanan yang diberikan ini kepada warga masyarakat agar mau datang ketempat pelayanan kesehatan guna memeriksa kesehatan oleh para petugas kesehatan sehingga dari kegiatan ini akan dapat memberikan pemeriksaan gratis terkait kesehatan.
 Disamping itu, kepada ibu hamil dan balita, kegiatan seperti ini sangatlah bermanfaat dalam rangka memeriksa kandungan kesehatan jabang bayi, sehingga dari pelayanan ini akan dapat diketahui kesehatan ibu dan balita yang dikandungnya tersebut.

Untuk itu keberadaan kesehatan sangatlah penting guna peningkatan derajat kesehatan masyarakat terutama bagi ibu dan balita guna mencegah terjadinya stunting dan penyakit tidak menular dengan konseling dengan melakukan gerakan masyarakat hidup sehat.
 Pada kesempatan ini saya juga menyampaikan kepada warga masyarakat  bahwa pada tahun 2019 ini merupakan tahun politik pemilihan anggota legislatif dan Pilpres.

Untuk itu dengan adanya agenda besar ini marilah kita sama – sama mendukung dan mensukseskan pesta demokrasi tersebut dalam rangka memilih pemimpin dalam menjalankan amanah untuk menjalankan roda pemerintahan. 
 Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri, SE berharap semoga dengan adanya kegiatan seperti ini masyarakat akan mengetahui betapa pentingnya kesehatan bagi dirinya sehingga dengan kesehatan yang sehat dapat meningkatan IPM kedepanya. Momentum ini Bupati Bima menyerahkan bingkisan terhadap warga masyarakat maupun ibu balita yang menghadiri kegiatan tersebut.(F1.H)