Iklan Semua Halaman

.

Jumat, 25 Januari 2019
H + 3 Peserta KKN-T 2019 Poltekkes Mataram, Gencar Laksanakan Penyuluhan dan Sosialisasi

(Ket Foto : Kegiatan MMD di PKM
 Taliwang - KSB)
Kota Bima, Fajar Media Bima.Com – Hari ke tiga ini Rabu (23/01/2019) mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Terpadu (KKN-T) Tahun 2019 Politeknik Kesehatan (Poltekkes) Kemenkes Mataram gencar-gencar melaksanakan penyuluhan dan sosialisasi di 54 Puskesmas yang ditempati 582 peserta KKN-T yang tersebar di 10 Kota dan Kabupaten Se-NTB.

(Ket Foto : Musyawarah Masyarakat Desa di Puskesmas Karang Taliwang Kota Mataram.)
Hal itu terbukti di WhatsApp (WA) Group KKN Terpadu NTB 2019 yang dikutip media ini, nampak digambarnya tertera 10 orang peserta KKN di Puskesmas Moyo Hilir Kabupaten Sumbawa Rabu (23/01/2019) melakukan kegiatan pemeriksaan ACN (Antenatal Care), senam khusus bagi ibu hamil, pemeriksaan Hb (Hemoglobin) anemia atau kekurangan sel darah merah dan darah rendah dan melakukan pengukuran tinggi badan serta berat badan atau antropometri dan penyuluhan PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) di Desa Kakiang Kecamatan Moyo Hilir.

(Ket Foto : Penyuluhan DBD dan PHBS di salah satu sekolah oleh
peserta KKN-T Puskesmas Moyo Utara Kabupaten Sumbawa.)
Kelompok lainnya, pada Puskesmas Brangrea Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) pada Rabu (23/01/2019) mengelar Musyawarah Masyarakat Desa (MMD) bersama Kepala Desa Sapugara Bree Kecamatan Brangrea, untuk Kamis (24/01/2019) melakukan penyuluhan tentang MP-ASI (Makanan Pendamping Air Susu Ibu), Jum’at (25/01/2019) melakukan penyuluhan tentang kecacingan dan PHBS dan dilanjutkan konseling balita Shunting di desa yang sama (Sapugara Bree).

Sementara di Puskesmas Karang Taliwang Kota Mataram, pada Rabu melakukan kegiatan di Pos Bindu (Pembinaan Terpadu), ke sebelas mahasiwa KKN-T itu melakukan pemeriksaan berat badan, tekanan darah, gula darah dan konseling gizi, yang digelar di Kantor Lurah Cakranegara Utara. Pada hari keduanya (Kamis, red) kelompok mahasiswa ini melakukan Musyawarah Masyarakat Desa (MMD)

(Ket Foto : Kegiatan Posyandu dan Konseling Ibu Hamil di Kelurahan Dodu Kec.
Rasanae Timur Kota Bima.)
Untuk  MMD  juga digelar di Pusat Kesahatan Masyarakat (PKM) Unit 1 Kabupaten Sumbawa, PKM Taliwang – KSB tepatnya digelar di Dusun Jorok Tiram Desa Batu Dusun Jorok Tiram.

Puskesmas Rhee Kabupaten Sumbawa pada Jum’at pagi mengelar senam Lanjut Usia (Lansia) yang digelar di Aula Kantor Desa Rhee. Dihari yang sama (Jum’at, red) PKM Unit II Kabupaten Sumbawa melakukan kegiatan kampanye hipertensi. Masih seputar kegiatan KKN-T mahasiswa di Kabupaten Sumbawa, khususnya di Puskesmas Labuhan Badas hari Jum’at mengelar kegiatan pelatihan posyandu tentang pengisian KMS (Kartu Menuju Sehat) dan penyuluhan tentang penyakit Demam Berdarah (DBD) yang dihadiri oleh Kepala Desa Labuhan dan Camat Labuhan Badas. Yang dilanjutkan dengan kegiatan posyandu galak jago 1 dan pendataan balita stunting dan selanjutnya kunjungan kerumah-rumah warga untuk konseling balita stunting.

(Ket Foto : Penyuluhan tentang kecacingan di salah satu SDN oleh peserta KKN-T Brang Rea - KSB)
Hal yang sama juga dilakukan kelompok KKN-T Puskesmas Moyo Utara Kabupaten Sumbawa melaksanakan kegiatan penyuluhan pencegahan DBD dan PHBS di lingkungan sekolah. 

Untuk peserta KKN-T yang berlokasi di PKM Rasanae Timur Kota Bima pada Juma’t mengelar kegiatan Posyandu dan Konseling ibu hamil bersama crew Puskesmas Rasanae Timur di Kelurahan Dodu bersama sepuluh mahasiwa KKN-T 2019 Poltekkes Kemenkes Mataram Program Studi (Prodi) D-III dan D-IV. (F2.ADV)