Lingkungan panggi Mpunda Kota Bima diHantam Banjir, Akses Jalan Negara Lumpuh Total

Iklan Semua Halaman

.

Lingkungan panggi Mpunda Kota Bima diHantam Banjir, Akses Jalan Negara Lumpuh Total

Kamis, 06 Desember 2018
Kota Bima, Fajar Media Bima.Com,- Puluhan Rumah dan Persawahan Warga lingkungan panggi Kelurahan Panggi Kecamatan Mpunda Kota Bima dihantam Banjir Bandang, Banjir berasal dari gunung Oifo,0 dan gunung Oi,loa. penyebab utamanya Akibat tinggihnya curah hujan dan gunung diwilayah setempat sudah gundul.

Informasi yang dihimpun media ini, Kondisi banjir kali ini warga waspada, sebab musibah banjir kali ini benar - benar catatan sejarah dibandingkan dengan musim hujan sebelumnya,  artinya selama banjir di kelurahan Panggi tidak parah seperti banjir kali ini.

Banjir ini bukan hanya banjir biasa selain air deras, Semak - semak, juga batu, Krikil, pasir dan Lumpur  sehingga menyebabkan saluran ditengah kampung lingkungan panggi tertutup.

Seorang warga menyatakan, benyebab banjir pada musim hujan kali ini berasal dari sungai Oi Fo, O dan Sungai Oi Loa, penyebabnya karena  hutan sudah gundul di atas.

Akibat musibah banjir tersebut, Wakil Walikota Bima, Fery Sofian, SH, serta jajarannya, Kepala PT Tukadmas, Muh Salim, ST serta jajarannya, Langsung Turun Kelokasi.

Lurah Panggi H.Imran, S.Sos membenarkan,  "Banjir yang melanda dikelurahan Panggi kali ini sehingga meluap di permukiman warga di Rt 01.Rt 02, Rt 03, dan Rt 04. Untuk  sementara jumlah rumah warga tergenang Banjir belum kita tau, hanya jumlah Rt nya saja dulu.

Ucap H. Imran, untuk sementara kita fokus dulu pada titik Saluran dan jalan yang sudah tertutup Batu, Krikil, Pasir, dan Lumpur tepatnya di Rt 01.Rt 02, Rt 03, dan Rt 04 dikarenakan meluapnya air di Suangai Oi Fo,O dan Sungai Oi Loa

Selain  di perkampungan Banjir juga langsung meluap dipersawahan dan perkebunan warga yang ada di So Tolo Mango. "Saat ini airnya sudah surut. Namun, Akses jalan Negara tertutup Batu, kerikil, pasir, dan Lumpur” sehingga akses jalan Negara dikelurahan Ini lumpuh total".

untuk mengaktifkan kembali akses jalan dan saluran air,  saya bersama warga langsung memberikan Info kepada Pemerintah Daerah Kota Bima, dan langsung memberikan perhatian Khusus untuk dikerahkan berupa beberapa Unit alat Berat, Mobil Dantrek, dan Mobil pemadam untuk membersihkan.

Kaitan dengan laporan kami, akses saluran sungai yang sangat sempit. nantinya akan dibangunkan jembatan Mini, dan OPD terkait sudah menandatangani kesepakatan itu.
tinggal saya selaku lurah memberikan info kepada warga di pinggiran saluran.ucapnya.(TIM)