Bupati Bima, Serahkan Bantuan Peralatan Pada Kelompok Usaha Masyarakat

Iklan Semua Halaman

.

Bupati Bima, Serahkan Bantuan Peralatan Pada Kelompok Usaha Masyarakat

Kamis, 20 Desember 2018
Kabupaten Bima, Fajar Media Bima.Com,- Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri, SE menyerahkan bantuan peralatan usaha kepada usaha mikro kecil / kelompok usaha masyarakat yang bersumber dari Dana APBD II Kabupaten Bima tahun Anggaran 2018. Bantuan tersebut diserahkan di halaman Kantor Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Bima pada hari Jum’at (21/12). Hadir dalam kegiatan ini Para Kepala Dinas Koperasi,Usaha Kecil dan Menengah beserta seluruh jajaranya serta para penerima bantuan.

 Dalam arahanya Bupati Bima mengatakan bahwa keberadaan Usaha Mikro kecil dalam perekonomian Nasional memiliki peranan yang sangat penting dan strategis. Salah satu peran yang sangat nyata adalah dengan menyerahkan bantuan peralatan usaha kepada usaha mikro kecil / kelompok usaha masyarakat sehingga dari bantuan yang diberikan oleh pemerintah ini kedepanya para penerima bantuan bisa melaksanakan usahanya demi peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Oleh karena itu, dengan adanya penyerahan bantuan peralatan usaha Kepada Usaha Mikro Kecil / Kelompok Usaha Masyarakat Yang Bersumber Dari dana APBD II Kabupaten Bima Tahun 2018 ini merupakan salah satu kebijakan strategis yang terpadu dan sinergritas dengan ihtiar pemerintah daerah yang maju dalam memberikan kontribusi yang optimal bagi pengembangan dan kemajuan kelompok yang menerima bantuan usaha tersebut.

Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri  berharap, kepada kelompok usaha mikro kecil penerima bantuan ini agar dapat memanfaatkan bantuan tersebut sehingga dapat dipergunakan dengan sebaik-baiknya untuk kemajuan kelompoknya dalam hal usaha yang digeluti oleh masing – masing kelompok sekaligus    membantu perekonomian keluarga.
 Menurut Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Bima Iwan Setiawan, SE dalam pengantar, pemberian bantuan peralatan usaha kepada usaha mikro kecil / kelompok usaha masyarakat ini merupakan salah satu terwujudnya visi misi kepala daerah, dimana terbangunya ekonomi yang tangguh, kreatif dan kompetitif dengan mengoptimalkan pemanfaatan potensi local untuk mewujudkan masyarakat yang sejahtera sekaligus terwujudnya pelayanan jasa yang professional di bidang Koperasi,Usaha Kecil dan Menengah.
 Berdasarkan data yang ada di Kami, bahwasanya jumlah koperasi yang kami bina sejumlah 272 yang tersebar di seluruh kecamatan.

Dari jumlah tersebut yang masih aktif sebanyak 218 koperasi dan jumlah koperasi tidak aktif sebanyak 54 koperasi sehingga dari jumlah tersebut kami selaku kepala Dinas Koperasi akan melakukan pembinaan secara bertahap sehingga dari pembinaan ini diharapkan kepada koperasi yang masih aktif dalam melaksanakan usahanya demi mewujudkan masyarakat yang sejahtera. Sementara itu untuk jumlah UKM sebanyak 13.751 (99,51%) dengan jumlah asset yang dimiliki sekitar 50 s/d 300 juta.

Program dan kegiatan yang ada pada Dinas Koperasi adalah yang berpihak tercapainya visi misi Bupati Bima yang tertuang dalam RPJMD di sektor Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah yaitu pendidikan dan pelatihan bagi Koperasi dan UKM pada tahun 2019 ini sebesar 500 juta dari Dana Alokasi Khusus Non Fisik, pinjaman dana bergulir kepada gerakan koperasi pada tahun 2017 mencapai 1 Miliar untuk 20 koperasi sedangkan pada tahun 2018 mencapai 540 juta untuk 10 koperasi.

Sementara itu yang akan diserahkan secara simbolis pada kesempatan ini berupa bantuan peralatan usaha bagi kelompok masyarakat / hibah peralatan sebanyak 149 unit dan bila diuangkan mencapai dana sebesar      Rp. 1 Milliar, pinjaman dana bergulir kepada 10 koperasi dengan total anggaran Rp. 300 juta serta penyerahan bantuan dana hibah untuk Kelompok Usaha Bersama   ( KUBE) masing – masing 5 juta. 

 Momentum ini ditandai dengan penyerahan bantuan secara simbolis kepada kelompok Penjahit  Fadilah desa Oi Saro Kecamatan Sanggar dengan ketua kelompok As’idah Romantika berupa 1 (satu) unit mesin Jahit dan Mesin Obras, kelompok pertukangan berkah desa Rasabou Kecamatan Bolo dengan ketua kelompok  M.Sidik berupa jenis bantuan Pertukangan, kelompok Mawar Merah desa Nunggi Kecamatan Wera dengan ketua kelompok Kurniawati dengan jenis bantuan berupa Mesin Giling Tepung ditambah Parut Kelapa, kelompok Mandiri desa Karumbu Kecamatan Langgudu dengan nama ketua kelompok Suwasah, bantuan yang diberikan berupa tata boga, Kelompok Safira desa Runggu Kecamatan Belo dengan ketua kelompok Rahayu bantuan berupa Gerobak Usaha, Kelompok For Kin desa Bumi Jaya Kecamatan Donggo ketua atas nama Irwan jenis bantuan berupa Kompressor.

 Disamping itu diserahkan pula bantuan kepada kelompok usaha bersama masing – masing 5 juta yang diterima secara simbolis oleh Kelompok Usaha Bersama “Melati” desa Kalampa Kecamatan Woha, Kelompok Usaha Bersama “ Sarise” desa Talabiu Kecamatan Woha, serta kelompok Usaha Bersama “ Toti Mori” Kecamatan Palibelo. Bantuan  Dana Begulir untuk koperasi dengan nilai total 300 juta yang tersebar di 10 Koperasi secara simbolis di wakili oleh Kopwan Dewi Sartika ( Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Bima ) mendapatkan alokasi dana bergulir sebesar Rp. 60.000.000,selanjutnya Kopwan Melati Putih yang beralamat di UP2K Kecamatan Woha mendapatkan alokasi dana sebesar Rp. 20.000.000,-, KUD Mada Oi Kompo Kecamatan Sanggar mendapatkan alokasi dana bergulir sebesar Rp. 40.000.000,-, KPRI Amal yang beralamat di Kantor Departemen Agama  Kecamatan Woha mendapatkan alokasi dana bergulir sebesar Rp. 50.000.000 serta KSU Sinar Usaha Kecamatan Langgudu juga mendapatkan bantuan dana bergulir sebesar Rp. 40.000.000,.(F1.H)