Bupati Bima Resmikan Gedung RKB SPNF, SKB Bima

Iklan Semua Halaman

.

Bupati Bima Resmikan Gedung RKB SPNF, SKB Bima

Senin, 17 Desember 2018
Kabupaten Bima, Fajar Media Bima.Com,- Gedung Ruang Kelas Baru Satuan Pendidikan Non Formal Pada Sanggar Kesenian Belajar ( RKB) Kabupaten Bima diresmikan oleh Bupati Bima Hj.Indah Dhamayanti Putri, SE yang dilangsungkan pada hari Senin (17/12) di Aula SPNF SKB Bima.

 Kegiatan tersebut dihadiri oleh Unsur FKPD Lingkup pemerintah Kabupaten Bima, Kepala Dinas Dikbudpora kabupaten Bima beserta Jajaranya, camat Bolo beserta unsur muspika kecamatan Bolo, Kepala SKB beserta jajaranya.

Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri, SE menyampaikan bahwa keberadan Sanggar Kegiatan Belajar ( SKB) ini selain sebagai layanan pendidikan, juga memberikan layanan keterampilan yang saat ini dibutuhkan masyarakat maupun generasi penerus bangsa  agar mereka bisa mandiri.

Sebagian generasi penerus bangsa ini  sekarang membutuhkan bekal keterampilan sehingga  Apa yang diharapkan nantinya  bisa terlayani di Sanggar Kegiatan Belajar yang pada akhirnya nanti masyarakat  maupun generasi muda akan menjadi orang yang kreatif.

 Pengembangan sistem pendidikan pada Sanggar Kegiatan Belajar  ini perlu dikembangkan secara terpadu sebagai semangat yang mendasari stakeholder pendidikan, ini tentu saja tidak sederhana, karena selain diperlukan kesungguhan dalam menata manajemen kurikulum pendidikan, juga dibutuhkan adanya kesadaran kolektif semua pihak akan pentingnya revitalitas akan peran dan fungsi pendidikan sebagai ciri khas keberadaan Sanggar Pendidikan Belajar tersebut.

 Dengan peresmian gedung, ruang belajar, ruang kelas baru, rehab aula dan ruang taman bacaan masyarakat pada Satuan Pendidikan Non Formal ( SPNF) ini dapat melaksanakan program pendidikan keaksaraan yang berkarakter dan berwirausaha secara mandiri, meningkatkan layanan program pendidikan kesetaraan, mengembangkan taman bacaan masyarakat serta meningkatkan kompetisi dan kualitas pendidik dan tenaga kependidikan PAUD Dikmas yang berkarakter melalui program pelatihan serta meningkatkan kesejahteraan Sumber Daya Manusia melalui pengembangan teknologi.

 Bupati Bima Hj. Indah Dhamyanti Putri, SE berharap, dengan adanya peresmian pembangunan RKB Satuan Pendidikan Non Formal pada SKB Bima agar dapat dirawat, djaga keberadaanya sekaligus  dapat memberikan kontribusi positif dalam peningkatan mutu pendidikan yang berkualitas, serta semakin mendapat dukungan dan kepercayaan dari masyarakat.

 Menurut Kepala Dinas Dikbudpora Kabupaten Bima H.Makruf, SE dalam pengantar, alokasi anggaran untuk rehab Gedung RKB SPNF Pada SKB Bima ini berasal dari Dana Alokasi Khusus APBD Kabupaten Bima sebesar 1,5 milyar yang diperuntukan bagi Perbaikan Gedung Ruang Kelas Baru ( RKB), Rehab Ruang Kelas, Rehab Aula dan Rehab Taman Bacaaan Masyarakat Pada Kantor Satuan Pendidikan Non Formal Sanggar Kegiatan Belajar Kabupaten Bima Tahun 2018 beserta perlengkapan yang mendukung dari kegiatan tersebut.

 Dengan peresmian pembangunan gedung ini kedepanya dapat melaksanakan kegiatan yang berkaitan dengan kegiatan belajar mengajar sehingga masyarakat maupun generasi muda dapat melaksanakan kegiatanya dalam rangka menunjukan keterampilannya. Selain itu keberadaan SPNF ini dapat dijadikan sebagai rujukan bagi SPNF di kecamatan Lain dalam rangka peningkatan dunia pendidikan bagi masyarakat maupun generasi muda dalam hal menunjukan keterampilannya dan kebolehanya.
Sebagai bentuk dari peresmian gedung RKB pada SPNF ini, Bupati Bima melakukan penandantanganan prasasti serta melakukan pemotongan guntingan pita sebagai awal dari penggunaan gedung tersebut.(F1.H)