Melalui Dana Dak Tiga Paket Bantuan Nelayan di Diskanlut Kab. Bima Sebagian Besar Sudah Tersalurkan

Iklan Semua Halaman

.

Melalui Dana Dak Tiga Paket Bantuan Nelayan di Diskanlut Kab. Bima Sebagian Besar Sudah Tersalurkan

Kamis, 02 November 2023


kabid Perikanan Tangkap Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bima, Firdaus 
Foto Ist. 

Dengan Mengembangkan Usaha Petani di Bidang Kelautan dan perikanan, Pemerintah Daerah Kabupaten Bima melalui Dinas Kelautan dan Perikanan (Diskanlut)  khusus  Bidang Perikanan Tangkap tahun 2023 berhasil mendapat tiga paket pengadaan Berupa Barang . 

Kabupaten Bima, Fajar Media. Com, - Tiga Paket Pengadaan tersebut yakni, pertama Pengadaan kapal viber 20 unit dengan anggaran sebesar Rp 3,3 Milyar.


Kedua, mesin perahu sebanyak 80 unit dan Ketiga, alat tangkap seperti  pukat, waring bagang dengan anggaran sebesar Rp 100 juta lebih untuk para nelayan di 13 kecamatan pesisir. 


"Ketiga paket pengadaan ini bersumber dari nada DAK 2023 dan sebagian barang bantuan sudah kami salurkan pada bulan 6 lalu, sisanya akan langsung diserahkan secara simbolis oleh Bupati Bima kepada para nelayan," ujar kabid Perikanan Tangkap Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bima, Firdaus pada awak media, Kamis (2/11/2023). 


Sambung dia, barang pengadaan yang masih tersisa akan dituntaskan pada Desember mendatang."Pada Intinya sebagian besar barang pengadaan sudah kita salurkan di 13 kecamatan pesisir, semua kita akomodir dan penyerahan kita melalui UPT dan ada juga yang datang sendiri ke kantor," jelasnya.


 "Prinsip penyaluran proporsional berdasarkan jumlah banyaknya neyalan di kecamatan pesisir," jelasnya. Berdasarkan target, 20 unit kapal viber nanti akan dibagikan ke 20 kelompok dengan masing-masing kelompok akan mendapatkan 1 unit per kelompok. 


"Harapannya untuk meningkatkan produksi bagi para nelayan di pesisir," ungkap Firdaus. (Red)