Selama 2 Tahun, Kabupaten Bima Berhasil Kirim Komoditi Bawang Merah di Luar Daerah

Iklan Semua Halaman

.

Selama 2 Tahun, Kabupaten Bima Berhasil Kirim Komoditi Bawang Merah di Luar Daerah

Minggu, 29 Oktober 2023

Helmiyati, SP., M.Si., M.M. 
Foto Ist


Kabupaten Bima, Fajar Media. Com, - Pemerintah Kabupaten Bima merupakan salah satu daerah sentra produksi bawang merah. Dan memiliki produksi Bawang merah terbanyak di NTB. Dan 


Pada kurun waktu 2 Tahun sejak Bulan Januari hingga Agustus 2022 total produksi komoditi ini mencapai 29,67 Ton, Dengan Daerah tujuan palembang, temanggung dan bangka belitung. 


Demikian juga dilanjutkan di tahun 2023 sebanyak 102.655 ton. Daerah tujuan Banjarmasin Harga 22 ribu. manado dengan harga 25, dan timika 31 Ribu Dengan Harga di daerah kita 14 ribu. 


Ket : Poce Saat Pengiriman Bawang di Pelabuhan Bima. 



Demikian Ungkap Kadis Ketahanan Pangan Kabupaten Bima Ir.H. M. Natsir, melalui Helmiyati, SP., M.Si., M.M. Kabid Distribusi dan Cadangan Pangan DKP Kab. Bima. 


Dijelaskan Helmiyati, trend peningkatan produksi komoditi tersebut pada bulan Agustus disebabkan oleh aktifitas panen raya yang tidak hanya di Kabupaten Bima namun juga di luar NTB mengalami hal yang sama.


Dan Daerah-daerah sentra bawang seperti di pulau Jawa, Sumatera dan Sulawesi sehingga trend harga pun mengalami penurunan. 


Sebagai daerah produsen surplus bawang merah, Kabupaten Bima melakukan upaya pendistribuasian keluar daerah NTB dengan melirik daerah-daerah konsumen yang harga bawang merahnya masih relatif tinggi,  sehingga melalui kerjasama dengan Badan Pangan Nasional yang memberikan Fasilitasi Distribusi Pangan (FDP) ke daerah tujuan penyaluran.


Langkah ini dengan sendirinya dapat membantu memberikan solusi bagi petani/ poktan/ Gapoktan maupun para pelaku usaha bawang merah di Kabupaten Bima. Pada saat yang sama  dapat menstabilisasikan pasokan dan harga pangan bagi konsumen di daerah tujuan.  Terangnya. 


Saat ini, daerah sasaran pengiriman komoditi bawang merah Bima dalam kerangka Fasilitasi Distribusi Pangan (FDP) ini adalah Kota Banjarmasin- Kalimantan Selatan, Kota Manado - Sulawesi Utara dan Timika-Papua dengan total distribusi sebanyak 78,49 ton pada bulan Oktober ini". Tutup Helmiyati. (Red)