Dandim 1608/Bima Pimpin Upacara HUT Ke-78 TNI

Iklan Semua Halaman

.

Dandim 1608/Bima Pimpin Upacara HUT Ke-78 TNI

Rabu, 04 Oktober 2023

Ket : Poce Saat Bupati Bima, Hj. Indah Dhamayanti Putri, SE, M. Ip, Didampingi Wakil Bupati Bima, Drs. H. Dahlan, H. M. Noer, Saat Menyerahkan Kunci Mobil Operasional  Pemadam Kebakaran Kec. palibelo. 



Kabupaten Bima, Fajar Media. Com, - Upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Tentara Nasional Indonesia (TNI) di wilayah tugas KODIM 1608/ Bima berlangsung Kamis 5 Oktober 2023 di Lapangan Upacara Kantor Bupati Bima. Prosesi upacara diawali pemeriksaan pasukan oleh Inspektur Upacara Komandan Kodim 1608/Bima Letkol. Inf. Agus Lulianto. S.Kom.


Pada upacara juga dihadiri Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri, SE.,M.IP, Wakil Bupati H.Dahlan M.Noer, Ketua DPRD  Muhammad Putera Ferryandi S.IP.,M.IP, Sekda Kabupaten Bima Drs. H.M. Taufik HAK.,M.Si,  Sekda Kota Bima H. Muhtar Landa MH, para pejabat utama Kodim 1608/Bima, para pejabat utama Polres kabupaten dan Polres Bima Kota, Kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bima dan Kota Bima serta para pimpinan instansi vertikal/BUMN tersebut, Dandim  yang membacakan amanat Panglima TNI  menyampaikan kasih kepada prajurit TNI atas dedikasi, loyalitas dan profesionalisme dalam bertugas. 


Ket : Poce Saat Kegiatan Berlangsung. 


Peringatan Hari Ulang Tahun ke-78 TNI pada tahun 2023 ini, mengusung tema “TNI Patriot NKRI, Pengawal Demokrasi Untuk Indonesia Maju”., yang mengandung makna, bahwa kekuatan TNI sebagai komponen utama pertahanan negara, berkomitmen untuk bersinergi dengan seluruh komponen bangsa lainnya dalam mengawal demokrasi untuk mewujudkan Indonesia yang berdaulat, mandiri, maju dan sejahtera. Ungkap Dandim yang membacakan sambutan Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, SE., MM.


"Tema ini kita angkat karena salah satu tantangan besar yang dihadapi oleh Bangsa Indonesia dalam waktu dekat adalah pemilihan umum serentak tahun 2024".


Kelancaran dan kesuksesan agenda pesta demokrasi tersebut akan sangat menentukan perjalanan kehidupan berbangsa dan bernegara ke depan. Untuk menyikapi kondisi tersebut, para prajurit TNI dituntut untuk peka dan antisipatif terhadap dinamika dan perkembangan situasi bangsa. 


TNI berkomitmen untuk menjamin keamanan dan kelancaran dalam rangka mewujudkan Pemilu 2024 berlangsung dengan aman, damai dan sejuk. Jelas Dandim. Pada upacara tersebut juga dilakukan penyerahan piagam penghargaan kepada 7 Babinsa terbaik di tiap-tiap Koramil, dua orang Bhabinkamtibmas, Lurah dan kepala desa  oleh inspektur upacara.


Juga dilakukan penyerahan mobil operasional pemadam kebakaran oleh Bupati Bima kepada tim Pemadam Kebakaran Kecamatan Belo. Upacara HUT TNI tahun ini juga dimeriahkan demonstrasi Silat Juara O2SN Tingkat Provinsi NTB Muhammad Al Faris Mesthala. (Red)