Sebagian Petani Nungga Gagal Panen, M. Najir, Itu Kesalahan Tekhnis

Iklan Semua Halaman

.

Sebagian Petani Nungga Gagal Panen, M. Najir, Itu Kesalahan Tekhnis

Minggu, 04 Juni 2023

Abdul Nazir S.Pt.MM, didampingi Faturahman, Kasi Perbenihan. 


Kota Bima, Fajar Media. Com, - Sebagian Petani yang tegabung dalam Kelompok Tani padi di kelurahan Nungga, Kecamatan Rasanae Timur Kota Bima Mengalami gagal panen, Diduga, benih padi bantuan pemerintah pusat tersebut diketahui sudah melebihi masa tanam dan sudah tidak memiliki kualitas untuk ditanam.


Sesuai hasil pantauan Dinas pertanian kota Bima saat meninjau puluhan kektar lahan pertanian di Kelurahan nungga terbukti sebagian petani gagal panen.


Kabid bidang tanaman pangan dan Holtikultura Kota Bima, Abdul Nazir S.Pt.MM, di dampingi Faturahman, Kasi Perbenihan mengakui bahwa, sebelumnya memang ada keluhan sebagian warga kelurahan nungga Kecamatan Rasane Timur Kota Bima. Sebagian warga mengalami gagal panen. Karena Proses cocok tanam nya tidak sesuai Masa Expayer/Batasan Tanam Bibit. Kata Faturrahman


Ia menjelaskan, "program tersebut menggunakan jenis Benih padi padi Cakra Buana Agritas. Masa tanam nya harus di tanam pas bibit tersebut disalurkan tepatnya di Bulan Desember atau bulan Januari.


Sedangkan untuk bulan Februari kami telah menyalurkan kembali benih padi Inpari 32 untuk di tanama Bulan Februari akhir atau bulan Maret awal. Tetapi nyatanya, sekarang setelah kami tanya ke Petani  bahwa bibit tersebut ditanam bulan Februari". Faturrahman, didampingi Abdul Nazir S.pt.MM yang di konfirmasi awak media di ruang kerjanya, Senin (5/6/2023). (Red)