Firdaus : Rencana Pembelanjaan DAK 2023 Berupa Fisik Diskanlut di Bidang Perikanan Tangkap

Iklan Semua Halaman

.

Firdaus : Rencana Pembelanjaan DAK 2023 Berupa Fisik Diskanlut di Bidang Perikanan Tangkap

Kamis, 22 Juni 2023


Firdaus,
Kabid Perikanan Tangkap Diskanlut Kabupaten Bima. 

Kabupaten Bima, Fajar Media. Com, 
- Dinas Kelautan dan Perikanan (Diskanlut) Kabupaten Bima melalui Bidang Perikanan Tangkap memaparkan Program berupa Fisik tahun 2023.
Melalui rencana Dinas da 4 item kegiatan  Fisik yang bersumber dari dana DAK senilai 4,9 M yang akan dibelanjakan tahun ini.

Kabid Perikanan Tangkap Diskanlut Kabupaten Bima, (Firdaus) menjelaskan, 4 item dimaksud yakni pertama pengadaan Perahu Nelayan (Fiber Galas) Kurang dari 5 GT 20 unit. Kedua, Pengadaan mesin perahu ketinting 5-15 PK. Dan rencananya tahun ini 5,5-13 PK 80 unit.


"5,5 PK 80 unit ini dan 13 PK sebanyak 26 unit. Untuk mesin perahu tahun ini lebih banyak dibandingkan tahun lalu," ujar Firdaus Kamis (22/06/2023).


Lanjutnya, Ketiga alat tangkap ikan (Pukat) dengan ukuran  (Spek) yang berbeda itu semua akan diakomodir. "Apapun permintaan nelayan baik itu bentuk dan ukuran tetap kita akomodir," ucapnya.


Selanjutnya, Jaring kepiting juga akan disiapkan bila Mada ada permintaan tapi ini dikhususkan untuk tiga wilayah saja yakni, Sape, Lambu dan Soromandi. Dan yang ke empat, Alat bantu  seperti Fulbox, dan Keranjang ikan. (Red)