Diskoperindag Sepakati Teken MOU Penguatan UMKM Melalui INGKUBATOR Bisnis Dengan BRIDA Kota Bima

Iklan Semua Halaman

.

Diskoperindag Sepakati Teken MOU Penguatan UMKM Melalui INGKUBATOR Bisnis Dengan BRIDA Kota Bima

Kamis, 12 Januari 2023


Ket : Poce Bersama Kepala Dinas Koperasi Dan Kepala BRIDA Adhi Aqwam, ST, M.Sc, M.Eng.


Kota Bima, Fajar Media.Com,- Kepala Dinas Koperasi Industri dan Perdagangan (Koperindag) Kota Bima, Abdul Haris, SE, telah menyepakati penguatan data UMKM melalui ingkubator bisnis dengan Badan Inovasi dan Riset daerah (BRIDA) Kota Bima. Hal itu disampaikan oleh kepala Koperindag saat mendapat kunjungan Kepala BRIDA Adhi Aqwam, ST, M.Sc, M.Eng di kantornya (Kamis 12 januari 2023).


Dikatakannya, "Inovasi terkait data UMKM merupakan salah satu hal penting dalam pengembangan wira usaha yang tersebar di Kota Bima. Selama ini data terkait keberadaan UMKM cenderung berubah setiap tahunnya, oleh karena itu perlu adanya basis data yang lengkap untuk mengontrol perubahan perkembangan usaha yang ada di Kota Bima.


“Saya sangat berterimakasih atas kunjungan ini, kebetulan apa yang kita rencanakan sesuai dengan apa yang disampaikan oleh kepala BRIDA, semoga kerjasama terkait hal ini akan terus berlanjut,” ujarnya di kantor Diskoperindag, Kamis 12 januari 2023. Kata Kadis 


Dirinya juga menjelaskan, "Sebenarnya, berbicara sooal ingkubasi bisnis telah lama digaungkan, akan tetapi penarapan atas hal tersebut tidak berjalan mulius lantaran kesiapan data yang tidak lengkap. “Program itu sebenarnya bukan hal baru, tidak berkembang karena pemimpin waktu itu selalu berganti inilah menjadi problem,”Jelasnya


Haris mengaku optimis apabila program tersebut dilaksanakan di Kota Bima bersama dengan BRIDA, sebab pihaknya akan melibatkan PLUT sebagai penyedia data dan sekaligus penggerak. “Di PLUIT Kita punya konsultan, dan kita siap bekerjasama menyiapkan data UMKM, jika ada yang kurang lengkap kita lengkapi sesuai dengan data ril,” ujar dia.


Saat ini pihaknya bekerjasama dengan STIE Bima untuk pengembangan sumber daya (SDM) dan Wira usaha, setidaknya mahasiswa yang telah tamat memiliki pikiran berwirausaha untuk menjadi wirausaha muda dengan bekal ilmu yang mereka dapat dari kampus. “Minimal mereka memiliki mindset wirausaha dan mendorong mereka untuk membangun usaha sendiri,” Akunya.


Jelas Haris Pula, Optimalisasi UMKM berbasis bisnis ingkubasi akan berjalan jika penyediaan datanya lengkap, hal itu menurut dia, sejalan dengan apa yang disampaikan oleh kepala BRIDA, bahwa penyajian data harus terekam dengan jelas  beserta perubahannya setiap saat sehingga mampu disajikan secara online dan rel time. “Kita siap untuk mendukung, karena sebenarnya ini bidang kerja kita, BRIDA saya Kira hanya menyediakan aplikasinya,” jelasnya


Disampaikan Pula, Kepala BRIDA Kota Bima, Adhi Aqwam, ST, M.Sc, M.Eng menyatakan, Dirinya berkomitmen membantu jika Koperindag menyediakan data UMKM, sehingga mereka mampu menyajikan  data ril kelompok usaha yang ada di Kota Bima untuk memudahkan kepala daerah mengambil kebijakan.


“Tentu saja yang Kita inginkan data yang betul betul ril sehingga semua tergambar secara lengkap dalam aplikasi yang kita buat nantinya” jelasnya. (Red)