BPBD Respon Cepat Kebutuhan Air Bersih Untuk Warga

Iklan Semua Halaman

.

BPBD Respon Cepat Kebutuhan Air Bersih Untuk Warga

Rabu, 11 Januari 2023

Gufran, S.Pd, M.Si, 
Kepala BPBD Kota Bima. 


Kota Bima, Fajar Media. Com,- Pada musim Hujan Tahun ini Teresa Musim Kemarau, Kenapa?, Di Kota Bima Salah Satu Kota Memiliki ekosistem tinggi Akan ada kondisi alam yang sangat istimewa. Dan Kota Bima merupakan salah satu wilayah Nusa Tenggara Barat yang berada pada bagian timur Pulau Sumbawa dengan koordinat Lintang Selatan antara 8020’- 8030’  dan antara  118041’ - 118048’ Bujur Timur. 


Luas wilayah Kota Bima adalah sebesar 222,25 kmyang terbagi dalam 5 (lima) kecamatan yaitu Kecamatan Rasanae Barat, Rasanae Timur, Asakota, Mpunda dan Raba dengan batas wilayah.


Gufran AH, S.Pd, M.Si, Menyatakan Pada media ini, Kamis (12/1/2023), "Tahun ini, masyarakat Kota Bima Sudan berjalan Beberapa minggu terakhir kendala, dan Kekurangan Hujan. Masyarakat merasakan Kekurangan air bersih Dan menjadi permasalahan Bersama diKota Bima, enyebabnya, Selain dari Kendala turunya Hujan, Juga kendala Macetnya penyaluran air bersih yang bersumber dari PDAM Bima, juga mengakibatkan kekurangan air bersih disebagian wilayah kelurahan di Kota Bima".


Ia Menjelaskan, Untuk Wilayah sasaran Droping Air Bersih, yakni : Kelurahan Tanjung, Kelurahan Dara, Kelurahan Paruga, Kelurahan Manggemaci, Keluarahan Melayu, Kelurahan Sambinae, Kelurahan Monggonao, dan Kelurahan Rontu.


Diawal tahun 2023 ini, banyak keluhan dan laporan dari masyarakat tentang kekurangan air bersih ini, diantaranya dari Kelurahan Paruga dan Kelurahan Tanjung. BPBD Kota Bima melalui Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Bima yang di pimpin langsung oleh Bapak Kepala Pelaksana BPBD Kota Bima beserta Kepala Bidan Kedaruratan dan Logistik Bapak Nazamudin, S.Sos langsung merespon dengan menerjunkan armada tangki air yang dimiliki dan melakukan penyaluran air bersih di wilayah Kelurahan Tanjung.


Dan, penyaluran air bersih dilakukan setelah BPBD menerima laporan dari pihak kelurahan maupun masyarakat, baik melalui media seluler maupun melalui surat dari Kelurahan. Jelasnya


Gufran juga menyampaikan Kepada masyarakat, Untuk kualitas air yang dimiliki oleh BPBD Kota Bima setelah dilakukan uji klis oleh BNPB, dan memiliki kualitas yang sangat baik dan bebas dari zat kapur. Ujar Gufran


Hal senada disampaikan oleh Bidang Kedaruratan dan Logistik, Mirafudin, membenarkan, Kebutuhan air Bersih untuk masyarakat sangat - sangat diutamakan sesuai laporan pemerintah kelurahan. Apa lagi Pada tahun ini, Terkesan sangat kekeringan, padahal waktu ini musim hujan, tetapi terkesan musim Kemarau. Akuinya


Ia menjelaskan pula, secara detailnya menambahkan apa yang menjadi statemen pak Kepala Tadi, "Bahwa kebutuhan air bersih merupakan hal yang penting bagi keberlangsungan hidup masyarakat. oleh karenanya Pemerintah daerah harus berupaya memenuhi kebutuhan air bersih bagi masyarakat".


Ada 3 Tekhis pendropan air, Pertama BPBD, Bagian Umum, Dan Dinas Sosial, jadi 3 Bagian Tersebut masing-masing punya wilayah masing-masing. 


Untuk BPBD : Kelurahan Tanjung, Paruga, Monggonao. Dinas Sosial : Sambinae, Panggi, Rontu, Kendo, Ntobo. Sedangkan Bagian umum : Kelurahan Dara, Malayu, Dan Manggemaci. Jelas Mirafudin. (Red)