Kecamatan Bolo, Juara Umum STQ XXVIII Tingkat Kabupaten Bima

Iklan Semua Halaman

.

Kecamatan Bolo, Juara Umum STQ XXVIII Tingkat Kabupaten Bima

Sabtu, 12 November 2022


Kabupaten Bima, Fajar Media, -Penyelenggaraan Seleksi Tilawatil Quran Ke-28Tingkat Kabupaten Bima yang berlangsung selama sepekan dari tanggal 4 sampai dengan 10 November 2022 di Lapangan Sepakbola Desa Panda Kecamatan Palibelo yang ditutup secara resmi oleh Wakil Bupati Bima Dahlan M. Noer Kamis(10/11), menempatkan Kecamatan Bolo sebagai Juara Umum dengan 4 medali emas, 4 perak dan 0 perunggu dengan jumlah nilai 32.


Selanjutnya untuk juara 2-18, berdasarkan SURAT Koordinator Dewan Hakom Nomor 03/DH-STQ/XXVIII/2022 tanggal 10 November 2022 tentang penetapan peserta Terbaik I,II,III, dan harapan pada STQ ke-XXVIII tingkat Kabupaten Bima tahun 2022, Kafilah kecamatan Wera menyusul pada peringkat II dengan perolehan 3 emas, 2 perak dan 1 perunggu dengan nilai 2, sementara Juara III diraih kafilah kecamatan Sape dengan perolehan 1 Emas, 3 perak dan 4 perunggu dengan nilai 18. Masih pada posisi enam besar, Peringkat IV disabet kafilah Woha dengan 2 emas, 1 perak dan 3 perunggu dengan total nilai 16, Kecamatan Monta meraih peringkat V dengan meraih 2 emas, 1 perak dan 0 perunggu dengan total nilai 13.


Disusul kafilah kecamatan Madapangga pada peringkat  VI  dengan 1 emas, 1 perak, dan 1 perunggu dengan total nilai 9. Peringkat VII diraih Kecamatan Ambalawi dengan 1 emas nilai 5, Disusul Lambu 1 emas, 1 perak dan 0 perunggu dengan total nilai 4,, Belo (9) 1 perak dengan nilai 3, sedangkan kecamatan Sanggar, Soromandi, Palibelo, LAmbitu masing-masing mendapatkan 1 perunggu, serta kecamatan Tambora, Donggo, Parado, Langgudu, dan Wawo pada pelaksanaan STQ tahun 2022 ini belum mendapatkan medali.


Pada acara penutupan juga dihadiri  Kapolres Bima AKBP Heru Sasongko, SIK, Sekda Drs. H.M. Taufik HAK, M.Si  yang juga Ketua LPTQ Kabupaten Bima, Kepala Kementerian Agama Kabupaten Bima, , Ketua Majelis Ulama Indonesia Kabupaten Bima, Para Staf Ahli dan Asisten dan  Pimpinan OPD  tersebut, Wabup Dahlan memberikan apresiasi kepada tuan rumah.


“Terima kasih kepada Camat, Muspika, Aparat TNI/Polri dan seluruh masyarakat Kecamatan Palibelo, dalam penyelenggaraan Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) ke-28 Tingkat Kabupaten Bima telah menjadi tuan rumah yang baik dengan menunjukkan komitmen bersama menjaga keamanan dan ketertiban selama pelaksanaan STQ berlangsung. Demikian halnya secara secara khusus kepada para panitia lokal yang telah bekerja keras membangun arena yang sangat megah ini dan melayani para tamu undangan selama penyelenggaraan STQ berlangsung.


“Tidak lupa juga menyampaikan terima kasih kepada para dewan hakim yang telah bertugas memberikan penilaian kepada qori/qariah pada semua mata lomba STQ ke-28 tahun ini.” Ujar wabup dahlan.


Terakhir dalam sambutannya, Wakil Bupati Dahlan M.Noer juga mengucapkan selamat kepada Kafilah Kecamatan Bolo yang telah berhasil meraih juara umum, semoga prestasi ini dapat menjadi motivasi untuk senantiasa meningkatkan kualitas baca tulis Al Qur’an dan dapat mempertahankan prestasi ini pada STQ berikutnya.


Sebelumnya, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Ir. Indra Jaya dalam laporannya menyampaikan, suksesnya STQ - 28 ini adalah wujud keberhasilan kita semua dalam memaknai salah satu visi religius yang dicanangkan oleh Bupati Bima dan Wakil Bupati Bima. 


"Terima kasih kepada seluruh masyarakat Palibelo, khususnya desa Panda yang telah menjadi tuan rumah, dengan harapan STQ ini menjadi ajang silaturahim antara ulama dan Pemerintah Kabupaten Bima sehingga tercipta nilai-nilai ukhuwah islamiyah yang Qur’ani”. Terang Ir. Indra Jaya.(RED)