Peringati HUT Ke 54 BPJS Kesehatan Gelar Kegiatan Senam Bersama dan Donor Darah

Iklan Semua Halaman

.

Peringati HUT Ke 54 BPJS Kesehatan Gelar Kegiatan Senam Bersama dan Donor Darah

Senin, 11 Juli 2022

 

Saat Kegiatan Senam Bersama di Halaman Kantor Pemkot Bima. 

Kota Bima, Fajar Media Bima. Com, - Senam sehat Prolanis dan Donor Darah serta sejumlah kegiatan lain, menjadi trending gelaran Pekan Semangat Hadir Diujung Negeri memeriahkan HUT ke 54 BPJS Kesehatan.


Kegiatan yang berlangsung Selasa (12/7) di pelataran Kantor Pemkot Bima tersebut, dihadiri jajaran Direksi dan Dewan Pengawas BPJS Kesehatan.


Pekan semangat HUT ke 54 BPJS Kesehatan ini, jajaran pemangku Kewenagan di BPJS, pun turun lapangan berikan layanan ke ujung Negeri sambangi 14 Kabupaten terluar meliputi Sabang, Nias Natuna Sebatik Kepulauan Talaud Rote Merauke Entikong Malinau Morotai Atambua Jayapura Sumba dan Sumbawa dan Kota Bima.


Tentu untuk memberikan layanan sekaligus meningkatkan pemahaman masyarakat mengenal program JKN dalam rangkaian Peringatan HUT BPJS Kesehatan yang ke 54 pada 15 Juli 2022 seperti yang di laksanakan hari ini Selasa 12 Juli 2022 di Pemkot Bima untuk Pulau Sumbawa.



Direktur Utama BPJS Kesehatan,Prof.dr.Ali Ghufron Mukti,M.Sc.ph.D.AAK melalui Direktur Pengawasan Pemeriksaan dan Hubungan antar Lembaga Dr.Mundi Harno,M.Si. mengatakan meski program JKN telah sewindu berjalan namun upaya edukasi kepada masyarakat mengenai manfaat hak dan kewajiban hingga proses layanan Program JKN tak henti di lakukan.


Mundi menegaskan bertambahnya jumlah peserta JKN juga harus di barengi dengan kemudahan akses informasi  dan pelayanan pengaduan,soal ini kami sudah menyediakan beragam kanal layanan informasi administrasi dan penanganan pengaduan tanpa tahap muka.


"Seperti BPJS Kesehatan Call Center 165,Aplikasi Mobile JKN,Chat Asistant JKN(CHIKA),Voice Interaktif JKN(VIKA),Pelayanan Administrasi Melalui Whatsapp(PANDAWA),hingha dengan cara mengirimkan direct message di Media Sosial resmi BPJS Kesehatan.


Namun harus kita pahami juga bahwa tidak semua orang bisa mengakses kanal tersebut,karena terkendala jaringan komunikasi dan juga tidak semua orang familiar menggunakan smartphone dan sebagainya,untuk alasan inilah kami berupaya memberikan kemudahan layanan informasi dan penanganan pengaduan bagi masyarakat dan peserta JKN secara tatap muka.terangnya


Mundi mengatakan selain melalui kantor cabang,layanan informasi dan pengaduan juga bisa di akses melalui Mall Pelayanan Publik(MPP),kader JKN hingga Mobile Customer Services(MCS)yang siap menjemput bola hingga ke daerah pelosok atau terkendala akses geografis.


Di waktu yang sama kata Mundi BPJS Kesehatan juga menggelar Pekan Senam Prolanis Bagi Peserta JKN Serentak(Pekan Semangat)di 5.400 titik lokasi bahkan senam Prolanis ini pun berhasil menyabet rekor MURI sebagai pelaksanaan senam bagi peserta penyakit kronis dengan titik lokasi terbanyak di Indonesia.


Menurut Mundi pada tahun 2021 biaya yang di habiskan untuk penyakit Katastropik mencapai 17,915 Triliun Rupiah atau 24,11 porsen dari total biaya pelayanan kesehatan tingkat lanjutan yang di keluarkan BPJS Kesehatan.


Oleh karena itu lanjut Mundi pihaknya menjaga masyarakat yang sehat tetap sehat melalui berbagai program Promosi Preventif sementara bagi masyarakat yang beresiko menderita penyakit Katastropik seperti Diabetes Mellitus dan hipertensi dapat mengelola resiko tersebut melalui Program pengelolaan penyakit Kronis(Prolanis)yang juga merupakan bagian dari Upaya promosi preventif perorangan peserta JKN.


Berbagai penyakit Katastropik itu sangat dapat di cegah dengan menerapkan pola hidup sehat,Nah melalui senam ini kami ingin mempromosikan betapa murah dan mudahnya menjalankan hidup sehat sehingga di harapkan dampak jangka panjangnya bisa menekan jumlah penderita Katastropik di indonesia. Jelas Mundi


Masih dalam rangka HUT ke 54 BPJS Kesehatan juga menggelar aksi donor darah yang melibatkan partisipasi seluruh pegawai BPJS Kesehatan di seluruh Penjuru Indonesia, Ghufron menuturkan aksi kemanusiaan ini merupakan wujud kepedulian dan semangat gotong royong duta BPJS Kesehatan dalam membantu masyarakat yang membutuhkan.


Sebelum mendonorkan darahnya kata Mukti Duta BPJS Kesehatan wajib menjalani skrining kesehatan lebih dulu untuk memastikan kualifikasi sebagai calon pendonor darah,selain untuk menambah stok kantong darah bagi Palang Merah Indonesia(PMI)donor darah juga besar manfaatnya seperti mencegah penyakit jantung kolesterol kanker juga menurunkan berat badan serta bisa mendeteksi penyakit serius.


Donor darah juga mendorong proses peremajaan sel sel darah dalam tubuh kita di gantikan oleh darah baru yang lebih baik dan sehat.


Sebelumnya, Wali Kota Bima HM Lutfi, dalam sambutannya mengapresiasi berbagai kegiatan yang diselenggarakan BPJS Kesehatan dalam memeriahkan HUT ke 54 BPJS Kesehatan dimaksud.


Dengan adanya BPJS kerjasama dengan Pemkot Bima dapat terus berjalan dengan baik, karena jarang sekali pimpinan BPJS Pusat bisa hadir di Kota Bima.


"Dengan keberadaan BPJS sangat membantu masyarakat Kota Bima, Sehingga dalam perkembangannya, masyarakat tidak mampu dapat terakomodir untuk mendapatkan kartu BPJS.(RED)