Hebat Kota Bima Masuk Finalis Top Inovasi dari Mentri PANRB

Iklan Semua Halaman

.

Hebat Kota Bima Masuk Finalis Top Inovasi dari Mentri PANRB

Kamis, 16 Juni 2022

 



Kota Bima, Fajar Media Bima. Com, - Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana ( DPPKB ) Kota Bima Hj. Nurjannah, S.Sos mengucapkan rasa hormat pada Wali Kota Bima H. Muhammad Lutfi, SE yang selama ini selalu memberikan arahan dan bimbingan positif sehingga DPPKB Kota Bima mendapatkan beberapa prestasi gemilang.


Salah datu diantaranya menurut Kaka Jana sapaan akrabnya adalah masuknya Finalis Top Inovasi SIFOKER Kota Bima dalam kancah Nasional.


‘ini juga tidak terlepas dari adanya kolaborasi antara Dinas Kesehatan Kota Bima dan DPPKB Kota Bima dalam Inovasi kaki si intes aplikasi Sifoker” demikian ujarnya.


Atas aplikasi SIFOKER itu pula pihaknya mendapatkan Surat Deputi Bidang Pelayanan Publik Nomor: B/273/PP.00.05/2022 tanggal 13 Juni 2022 perihal Pengumuman Finalis Top Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2022.


Mulai hari ini sampai dengan Tanggal 17 Juni 2022 akan dilakukan uji publik terhadap para finalis.

Jika tidak ada sanggahan dari publik, maka inovasi tersebut akan ditetapkan sebagai Finalis Top Inovasi melalui Keputusan Menteri PANRB.


Tahapan berikutnya bagi para Finalis Top Inovasi adalah

  1. Rakor persiapan presentasi dan wawancara Tanggal 20 Juni 2022
  2. Presentasi dan wawancara dihadapan TPI mulai tanggal 24 juni sampai 12 juli 2022 secara virtual.

Tim Sekretariat KIPP 2022 mengucapkan selamat kepada inovasi yang lolos sebagai Finalis Top Inovasi.


Kadis DPPKB Kota Bima Hj. Nurjannah, S. Sos menyampaikan bahwa Melalui Sistim Informasi Keren Remaja ( SIFOKER) setiap keluarga yang memiliki remaja dapat saling bertukar informasi dan berdiskusi bersama tentang hal-hal yang berkaitan dengan remaja.


Dengan cara masuk atau membuka beberapa menu tampilan dalam aplikasi SI-FOKER dan bagi remaja juga dapat men share dan melihat beberapa info tentang video kreativitas remaja dengan tetap memperkenalkan budaya kota bima dan beberapa animasi game terkait dengan kesehatan reproduksi yang bersifat mendidik dan sesuai perkembangan jaman.


Tujuan inovasi KAKI SI INTENS (kasama weki dan aplikasi Sifoker dalam integrasi penanganan stunting) adalah pola kolaborasi penanganan stunting melalui integrasi komitmen (kasabua ade), integrasi pelaksanaan (karawi sama), integrasi perbaikan ( kataho sama karawi), serta penerapan aplikasi sifoker sebagai media KIE.


Adapun 2 menu tampilan dalam SI-FOKER yaitu :

Menu Bilik Konsultasi
Menampilkan ruang konseling atau tempat curhat konsumen, terhadap permasalahan yang sedang di hadapi. Dimana konsultasi tersebut dapat berupa masalah kesehatan reproduksi dan gizi remaja mulai dari pola makan dan pemenuhan nutrisi yang tepat dan sesuai Dengan selera remaja.


“Konsultasi permasalahan tersebut akan langsung masuk pada nomor chat whatsApp konselor sehingga dapat dibalas langsung kepada klien” jelas Kadis DPPKB Kota Bima. 


Menu GenRe Menonton
Menampilkan berbagai macam vidio pendek seputar kretivitas remaja yang bersumber dari seputar informasi pembinaan program GenRe (Genersi Berencana), serta vidio tetang promosi kesehatan, pencegahan stunting dan anemia zat besi pada remaja akibat dari pola makan dan penyerapan gizi yang tidak seimbang dengan pertumbuhan, masalah pernikahan usia anak, sex bebas, NAPZA serta semua permasalahan yang dihadapi oleh remaja.


“Kaki intens dari tahun 2020 telah berhasil menurunkan angka stunting dari 33% ke 17% sehingga pada tahun berkelanjutan kelak dengan hadirnya Sifoker di harapkan mampu menurunkan angka stunting di 14% pada tahun 2024 .sebagai media konsultasi di menu bilik konseling dan media KIE di GenRe menonton pada aplikasi Sifoker” demikian ujar Kaka Jana saat di wawancara media online Bimantika. (RED)