Diskop-UMKM Gelar Bimtek Aplikasi SIDT

Iklan Semua Halaman

.

Diskop-UMKM Gelar Bimtek Aplikasi SIDT

Selasa, 29 Maret 2022

Ket : Poce Bersama Kepala Dinas Koperasi - UMKM,Drs.Dahlan Dengan Peserta Bimtek.

Kabupaten Bima, Fajar Media Bima.com,- Dinas Koperasi dan UMKM (Diskop-UMKM) Kabupaten Bima menggelar acara Bimbingan Teknis (Bimtek) Enumerator Penggunaan Aplikasi Sistem Informasi Data Tunggal (SIDT). 


Acara tersebut berlangsung di aula lambitu Hotel selama 2 hari, yang berakhir rabu 30 Maret 2022.


Kepala Dinas Koperasi dan UMKM melalui Kabid Pengembangan Usaha Keperasi dan Usaha Mikro, Supriadin, ST mengatakan, untuk acara tersebut diikuti sebanyak 18 Kecamatan KUMKM se- Kabupaten Bima dan berlangsung selama 2 hari.


"Jadi intinya bimtek ini nantinya setiap satu orang enumerator akan mendata sebanyak 100 responden yang terdiri dari koperasi atau UMKM berdasarkan penggunaan dari koordinator dalam rentang waktu 100 hari kerja atau 5 data perhari Contohnya," kata kabid Kamis, (29/03/ 2022).


Kadis Diskop-UMKM Kabupaten Bima Drs Dahlan,  menuturkan, kegiatan bimtek ini memang harus dilaksanakan karena sesuai amanat Peraturan Presiden RI Nomor 39 Tahun 2019, tentang satu data Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah di tunjuk sebagai walidata KUMKM dan dalam hal ini juga mempercepat proses pembagunan berbasis data untuk KUMKM. 


"Dan selain itu bimtek ini juga harus bisa di selaraskan pada setiap peserta yang mengikuti agar akselarasi data bisa valid." ucapnya.


Lanjut Kadis Diskop-UMKM Kabupaten Bima Drs Dahlan,  menyebutkan, tujuan bimtek ini nantinya setiap peserta bisa mempersiapkan dan memberikan wawasan serta pengetahuan teknis bagi enumerator yang akan melaksanakan kegiatan pendataan lengkap pada KUMKM yang berada di 18 kecamatan.


Saya berharap dengan bimtek yang kegiatanya  2 hari ini bisa memberikan wawasan dan bermanfaat, dan nantinya bisa mendata KUMKM dengan valid dan bisa cepat di akses," ujarnya.(RED)