Ketua Komisi Tiga Desak Pemda Segera Perbaiki Jembatan Roboh di Monta Baru

Iklan Semua Halaman

.

Ketua Komisi Tiga Desak Pemda Segera Perbaiki Jembatan Roboh di Monta Baru

Selasa, 04 Januari 2022

Edy Mukhlis,S.Sos,
Ketua Komisi Tiga DPRD Kab. Bima

Kabupaten Bima, Fajar Media Bima.com,- Ketua Komisi Tiga DPRD Kabupaten Bima, Edy Muhlis,S.Sos mendengar informasi adanya akses jalan berupa Infrasstruktur Jembatan yang roboh pasca banjir bandang beberapa hari yang lalu di Desa monta Baru Kecamatan Monta Kabupaten Bima. 


Kondisi Jembatan Roboh di Desa Monta Baru.

Ketua Komisi Tiga DPRD Kabupaten Bima, Mendengar informasi tersebut pihaknya langsung berreaksi  mendesak pemerintah daerah Kabupaten Bima agar segera membangun kembali Jembatan yang roboh dimaksud. "Karena Jembatan tersebut adalah satu-satunya akses masyarakat beberapa desa di bagian selatan kabupaten bima, tepatnya menghubung antara dua bagian kecamatan monta selatan dan langgudu selatan".Katanya


"Saya Secara Pribadi, dan sebagai tugas dan fungsi pokok di Komisi Tiga DPRD Kabupaten Bima mendesak pemerintah daerah, terutama di dinas terkait seperti Dinas Pekerjaan Umum (PU), dan Badan Penanggulangan Daerah (BPBD) Kabupaten bima untuk segera melakukan tindakan dan mencarikan solusi secepatnya membangun kembali jembatan tersebut, supaya masyarakat bisa beraktivitas kembali. Karena jembatan dimaksud satu-satunya titik sentral pelayanan publik di beberapa desa di dua kecamatan tersebut".


"Edy Mukhlis menyarankan kepada pemerintah daerah untuk segera membangun Jembatan tersebut dengan menggunakan anggaran tak terduga sebesar Rp 30 milyar dalam APBD yang telah disetujui oleh Dewan". 


"Pemerintah bisa menggunakan uang yang teralokasi lewat ABPD melalui dana tidak terduga sebesar 30 milyar yang telah disetujui dewan. Sehingga progres penggunaan dana tersebut jelas penggunaannya untuk hal-hal yang mendadak seperti itu" katanya. 


Tak hanya itu, Dirinya juga membeberkan sejumlah Jembatan yang butuh perhatian serius dari pemerintah Daerah, yang saat ini kondisinya cukup parah akibat hantaman banjir pada musim huja sekarang ini. 


"Hasil pantauan kami di Komisi Tiga, Ada beberapa titik akses jalan dan jembatan di kabupaten bima ini selalu dihantam banjir, seperti desa Taloko Sanggar, Desa Madapangga,  Desa Lewintana Soromandi,  juga dibutuhkan sikap dan tindakan cepat agar infrastruktur yang ada tidak semakin banyak kerusakannya,". 


Dan, tak hanya Jembatan yang dibangun, namun sumber penyebab banjir juga harus segera diperbaiki, seperti normalisasi sungai, bronjonisasi tebing-tebing, serta mengidentifikasi jembatan tidak layak pakai. 


"Sekarang segera lakukan perbaikan terhadap sumber banjir yang ada. Yang paling banyak dibutuhkan adalah normalisasi sungai dan penguatan tebing-tebing dan jembatan yang tidak lagi layak," Bebernya. (TIM)