Dalam Meningkatkan Kualitas Kinerja, Perangkat dan BPD Pemdes Tangga Baru Lakukan Pelatihan

Iklan Semua Halaman

.

Dalam Meningkatkan Kualitas Kinerja, Perangkat dan BPD Pemdes Tangga Baru Lakukan Pelatihan

Jumat, 24 Desember 2021

Ket : Poce Bersama Dinas PMDes, Pemdes Tangga Baru dan Masyarakat

Kabupaten Bima, Fajar Media Bima.com,- Dalam meningkatkan mutu dan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada di desa, Pemerintah Desa(Pemdes) Tangga Baru, Kecamatan Monta, Kabupaten Bima lakukan pelatihan peningkatan kapasitas di aula kantor Desa setempat, Sabtu (25/12/2021).


Kegiatan tersebut di bagi dua grup pelatihan. Group pertama untuk pelatihan kapasitas perangkat Desa narasumbernya dari pemerintah Kecamatan Monta yakni Camat Monta Drs. Nurdin dan dari Dpmdes Kabupaten Bima Kasi Pembinaan Administrasi Desa Marjan, SH, Kasi Perangkat Desa Suherman, S.Sos.


Sementara grup kedua untuk pelatihan kapasitas Badan Permusyawaratan Desa (BPD) narasumbernya Kabid Dpmdes Kabupaten Bima Elfaisal, Sei, MM, Kasi Sosbud Samsurizal, S.Sos, Kasi Pemerintahan Kecamatan Monta Abubakar, S.Sos.


Pelatihan peningkatan kapasitas di hadiri langsung, Kepala Desa Tangga Baru A.Rasyid, S.Sos, Sekretaris Desa Rusdin, S.pd, Aparatur Desa, Ketua RT dan RW, Ketua dan Anggota BPD, Ketua Karangtaruna Serta Lembaga-lembaga Desa.


Camat Monta Drs. Nurdin dalam sambutannya berharap dengan kegiatan pelatihan seperti ini mampu memberikan pengetahuan dan wawasan baru terhadap SDM perangkat Desa dan BPD.


“Semoga dengan pelatihan ini menambah wawasan baru dan pengetahuan baru demi kemajuan SDM perangkat Desa dan BPD,” ucapnya.


Dia mengapresiasi dan sangat berterima kasih dengan kegiatan seperti ini karena bukan hal yang baru, namun ini salah penyegaran berkaitan dengan kinerja baik itu perangkat Desa, BPD, Ketua RT dan RW maupun lembaga-lembaga desa yang ada.


“Alhamdulillah dengan kegiatan seperti ini akan meningkatkan SDM dan kapasitas Aparatur di Desa yang pada akhirnya akan berdampak banyak pada kemajuan Desa Tangga Baru disemua sektor,” terang camat.


Di sela- sela kegiatan Kepala Desa Tangga Baru A. Rasyid mengatakan, pentingnya pelatihan dan pembinaan seperti ini untuk menunjang kinerja perangkat desa dan BPD demi tercapainya pemerintahan yang maksimal.


“Pelatihan peningkatan kapasitas ini kami bagi dua grup pelatihan yakni untuk perangkat Desa dan BPD di ruangan yang berbeda,” jelasnya.


Hal ini dilakukan lanjut kades, agar semakin meningkatkan kapasitas perangkat desa, BPD dan lembaga-lembaga Desa dalam proses penyelenggaraan pemerintah Desa dan pelaksanaan pembangunan Desa.


“Pelatihan ini agar pemahaman perangkat Desa, BPD serta lembaga-lembaga Desa lebih maksimal dalam pengelolaan dana desa yang saat ini menjadi tanggung jawab yang akan berdampak positif terhadap pembangunan desa,” uraiannya.


Pria yang akrab di sapa bung Rasyid ini menyampaikan ucapkan terimakasih kepada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMDes) Kabupaten Bima yang selalu memberikan masukan, nasihat dan arahan untuk kemajuan desa.


“Ucapan terimakasih pada DPMDes Kabupaten Bima dan pemerintah Kecamatan Monta yang selalu memberikan masukan lewat kegiatan pelatihan ini sehingga perangkat Desa dan BPD mampu melaksanakan tugas dan fungsi dalam upaya pelaksanaan pembangunan, pemberdayaan serta pembinaan untuk tercapainya desa yg maju dan mandiri dan berkeadilan sosial,” jelasnya. (TIM)