Wujudkan Desa Siaga dan Aman, Pemdes Rupe Gelar Rapat Siskamling Lanjutan

Iklan Semua Halaman

.

Wujudkan Desa Siaga dan Aman, Pemdes Rupe Gelar Rapat Siskamling Lanjutan

Selasa, 24 Agustus 2021


Kabupaten Bima, Fajar Media Bima.com,- Menindaklanjuti sejumlah keluhan warga terkait maraknya kasus kehilangan serta adanya potensi gangguan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat. Pemerintah Desa Rupe bersama BPD, Babinsa, Bhabinkamtibmas, Babintrantibum, Linmas Desa, dan Ketua-Ketua RT menggelar Rapat Koordinasi sekaligus Penetapan dan pengaktifan kembali Sistem Keamanan Lingkungan yang dipusatkan di Ruang Rapat Kantor Desa pada Selasa Pagi, 24/8/2021.


Pada kesempatan ini, Kepala Desa Rupe, Adam Malik meminta kepada semua pihak terutama sekali kepada Ketua-Ketua RT, agar lebih berperan aktif dalan menerima dan melaporkan jika ada warganya yang kehilangan. Laporan tersebut harus diteruskan ke Pemerintah Desa untuk kemudian diverifikasi dan ditindaklanjuti. 


"Hal ini dimaksudkan agar garis koordinasi Penyelenggaraan Kepemerintahan dapat berjalan secara koordinatif dan terstruktur, tujuannya jelas, agar sama-sama kita tindaklanjuti demi keamanan dan ketertiban ditengah masyarakat" ungkap Kades Rupe


Kades juga menyebutkan bukan hanya Ketua RT dan Linmas yang berperan aktif, akan tapi peran serta semua pihak adalah kunci utama dalam mewujudkan rasa aman dan nyaman di Desa.


"Kami atas nama Pemerintah desa, Bersama BPD, Bhabinkamtibmas, Babinsa, Babintrantibum, Linmas Desa

terus berkoordinasi demi mewujudkan keamanan dan ketertiban masyarakat. Namun, hal ini mustahil terwujud, tanpa kerjasama, dukungan dan kesadaran dari semua komponen masyarakat


Mulai hari ini kami akan kontrol dan pantau Ketua-ketua RT agar memastikan seluruh warganya mulai memasang Lampu Jalan, memperbaiki pagar halaman Rumah, membangun pos jaga tiap RT, mulai melakukan Ronda malam sebagai upaya dan langkah-langkah preventif terhadap adanya potensi gangguan Kamtibmas serta meminimalisir adanya penyakit sosial.


"Untuk itu, mulai nanti malam sudah mulai jalan, terkait anggaran akan kami bahas nanti di anggaran Perubahan" tutur kades.


Terkait Aturan, Kades Rupe Menjelaskan sudah ada Perdes dan Perkadesnya tentang Siskamling di Desa Kita, dan akan segera kita sosialisasikan kembali. 


Mari kita patuhi, kita jalankan secara bersama-sama, demi menjaga dan mewujudkan keamanan dan ketertiban di Desa kita tercinta. Untuk itu kepada ketua RT, Kadus, Linmas agar terus berkoordinasi dalam menjalankan tugas dan Bagi warga yang melanggar,  sesuai larangan yang termuat dalam Perdes, akan kita berikan sanksi tegas" tegas Kades Rupe.


Terakhir, Kades Rupe berpesan agar seluruh Komponen masyarakat dapat berpartisipasi aktif dalam menjaga keamanan dan ketertiban di Desa, sebab tanpa dukungan semua pihak, Keamanan dan Ketertiban di desa mustahil terwujud.(F.05)