Ini Penjelasan Wali Kota : Bima Komite Sekolah Memiliki Peran Penting di Dunia Pendidikan

Iklan Semua Halaman

.

Ini Penjelasan Wali Kota : Bima Komite Sekolah Memiliki Peran Penting di Dunia Pendidikan

Selasa, 08 Juni 2021


Kota Bima, Fajar Media Bima.com,- Penjelasan wali kota bima di dunia pendidikan, lebih khusus Komite sekolah memiliki peran sangat penting di dunia pendidikan.


Selain menentukan kebijakan, menggalang dana, dan sumber daya pendidikan dari masyarakat, komite sekolah diharapkan mampu meningkatkan pendidikan karakter di Kota Bima.



“Alhamdulillah pendidikan karakter itu telah ada, 2019 kita menetapkan perwali tentang pendidikan karakter “Maja Labo Dahu.”


Hal tersebut disampaikan oleh Wali Kota Bima H. Muhammad Lutfi, SE ketika membuka kegiatan Pemberdayaan Komite Sekolah di Gedung Seni Budaya Kota Bima, Selasa, 8 Juni 2021.


Meskipun konsep “Maja Labo Dahu” tersebut belum sepenuhnya diterapkan di masyarakat, Wali Kota menginginkan agar konsep tersebut disosialisasikan ke generasi muda untuk aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.


“Saya sangat percaya, manusia punya prinsip hidup, rasa takut, tanggung jawab kalau dia karakternya baik. Karakter sangat sulit untuk membentuk manusia, oleh karena itu jika karakter dibentuk dengan bagus maka membawa suatu peradaban yang baik” tegasnya.


Ia mengatakan sumber daya manusia di Kota Bima mumpuni, karena memiliki akar budaya yang maju. Sehingga Kepala Sekolah, Dewan Pendidikan dan Komite Sekolah diminta untuk mampu melaksanakan konsep “Maja Labo Dahu” tersebut.


“Bukan berarti budaya akan menolak peradaban baru, budaya sebagai perisai untuk terus maju,” tuturnya.


Terakhir, Wali Kota juga berharap peran sekolah dan pemerintah harus bersinergi. Sehingga masalah-masalah yang terjadi di lingkungan sekolah, seperti narkoba mampu diminimalisir.


SAAT KEGIATAN DIKLAT REFITALISASI PERAN DAN FUNGSI KOMITE SEKOLAH


“Mungkin ini bukan hanya harapan pemerintah, tetapi harapan seluruh masyarakat kita yang menginginkan daerah ini bebas dari narkoba,” tutupnya.


Sementara itu, Ketua Dewan Pendidikan Drs. Abdul Azis, M.Pd menyampaikan laporan kegiatan dan mengucapakan rasa terima kasihnya kepada pemerintah Kota Bima khususnya Wali Kota Bima yang hadir pada kegiatan tersebut.


“Terima kasih atas dukungannya, sehingga kegiatan ini dapat berjalan dengan baik,” tutupnya.(TIM)