Pemdes Doro O,o Bersama Mahasiswa KKN Ajak Warga Menata Tempat Wisata Nisa Lampa Dana - Lulu Fare

Iklan Semua Halaman

.

Pemdes Doro O,o Bersama Mahasiswa KKN Ajak Warga Menata Tempat Wisata Nisa Lampa Dana - Lulu Fare

Sabtu, 01 Agustus 2020
Syamsudin,SH, Kades Doro O,o, Camat Langgudu
Rizal Ramli, SE dan Sekcam Langgudu
Kabupaten Bima, Fajar Media Bima.com,- Dalam meningkat kan potensi wisata di bima sangat - sangat disadari oleh kalangan masyarakat setempat. Di Desa Doro O,o Kecamatan Langgudu Kabupaten Bima Nusa Tenggara Barat - NTB, dalam awal bulan Agustus tahun ini selama 2 hari berturut - turut Pemdes Doro O,o Bersama nahasiswa KKN Staim Bima dan IMM Bima, mengajak seluruh lapisan masyarakat  Untuk Menata, sekaligus Membersihkan Lokasi Wisata Pulau Nisa Lampa Dana.

Rusdin,S.Pd, Beserta Masyarakat Doro O,o
Lewat Kesempatannya Ketua BPD Desa Doro O,o Rusdin, S.Pd menjelaskan, Sebelumnya masyarakat Desa Doro O,o tetap selalu dalam impianya agar Wisata di Lokasi Nisa Lampa dana - Lulu Fare bisa dijadikan tempat Wisata Nasional hingga manca negara. Lokasi tersebut Selain keindahan kawasan pantai dan Keajaiban bentuk pulaunya, juga keindahan alam yang sunyi dan kondisi lautnya menjanjikan. Kata Rusdin


Dijelaskannya pula, Lokasi Pulau Nisa Lampa Dana - Lulu Fare yang terletak di Desa Doro O,o Teluk Waworada/Teluk Langgudu Kecamatan Langgudu Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat - (NTB) yaitu Pulau yang bergandengan antara pulau kecil dan pulau besar tersebut, selain memiliki keunikan juga menyimpan sejumlah sejarah turun temurun tempat mata pencaharian kehidupan warga sekitar.

"Selain tempat mata pencaharian warga, juga lokasi tersebut telah memiliki keunikan dijadikan tempat wisata, seperti Keindahan Pinggir Pulau. Sebab Pulau tersebut adalah sebuah pulau yang sangat - sangat Berpotensi untuk dijadikan Lokasi Wisata". Jelasnya


Hairil, Seorang tokoh Pemuda Desa Desa Doro O,o menyatakan, Kami Warga masyarakat Doro O,o sudah lama telah mempromosikan wisata yang kami miliki, keunikan Lokasi kami sudah tidak di khawatirkan lagi, selain memiliki keunikan Dua Pulau yang bergandengan tersebut, juga pas dijadikan tempat budidaya, Apalagi Budidaya, Rumput laut, Kepiting, Ikan Karamba, Juga memiliki Keunikan untuk budidaya Teripang.

Jelas Hairil, "Soal Teripang misalnya ada di pulau kami yakni di Pulau Nisa Lampa Dana Lulu Fare. Selama ini Masyarakat Doro o,O Mengakui Lamban Atas adanya aset yang berpotensi Besar tersebut yang  merupakan sebuah Pulau bergandengan diDesa ini,".Jelasnya


Pada Akhir tahun 2019, Pemerintah Daerah Kabupaten Bima telah mendatangi lokasi Pulau ini, Bahkan janjinya dulu akan diperioritaskan untuk Doro O,o soal Wisata. Tetapi masyarakat Doro O,o hanya bisa pasrah, dan selalu menagih janji pemda melalui Pemdes". Akunnya dengan singkat.

Kepala Desa Doro O,o Syamsudin, SH.  Menyatakan, soal Lokasi Wisata Nisa Lampa Dana - Lulu Fare, kami sudah Berkali - kali melakukan koodinasi soal itu tetapi Kendala tahun ini karena Ada Musibah Wabah Corona/Covid 19, akhirnya kami sebagai Pemdes belum Melakukan Komunikasi dan Koordinasi secara intens kembali dengan pemda.

Hari ini Minggu (2/8/020), Pemdes Doro O,o telah melaksanakan Louncing Perdana, bahwa Masyarakat akan sadar dengan keadaan wisata yang ada dilokasi doro O,o. Dalam kegiatan ini dihadiri Oleh  Camat Langgudu, Rizal Ramli,SE, Sekcam Langgudu Beserta Jajarannya, Kapolsek Langgudu, Atau Pejabat mewakili, Babinsa Doro O,o, Babinkantibmas Doro O,o.

"Selain diadakan louncing perdana, juga saya selaku kepala Desa Doro O,o telah melantik sebahagian masyarakat Doro O,o sebagai masyarakat sadar wisata. Terutama pemuda dan pemudi yang selalu eksis didamnya untuk mengelola lokasi wisata dimaksud".

Tahun depan saya telah merencanakan sedikit anggaran Desa melalui Musrem Des sebagai dana awal untuk menata lokasi wisata tersebut sebagai mana akan terlihat rapi sebagai layaknya tempat wisata pada umumnya.Jelas Kades

Janjinya, Kami sebagai pemdes telah membuat Proposal wisata ditujukan kepada pemerintah Daerah Kabupaten Bima, Provinsi NTB dan Pusat. Janji kami lewat sosialisasi ditengah - tengah masyarakat, Bahwa Lokasi Wisata Nisa Lampa Dana - Lulu Fare itu adalah bagian Program Pemerintah.Janji Kades. (TIM)