Dinas PP dan PA Launching Aplikasi SIRAP dan Website Rumah Aspirasi

Iklan Semua Halaman

.

Dinas PP dan PA Launching Aplikasi SIRAP dan Website Rumah Aspirasi

Kamis, 11 Juni 2020


Launching yang dilakukan secara virtual ini dihadiri pula oleh Sekretaris Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia, Kepala Dinas PP dan PA Provinsi NTB, Wakil Ketua DPRD Kota Bima Syamsurih SH, Sekda Kota Bima dan beberapa Kepala Perangkat Daerah Kota Bima.


Wali Kota Bima H. Muhammad Lutfi SE dalam arahannya menyampaikan bahwa penerapan  aplikasi SIRAPP dan website rumah aplikasi ini bertujuan untuk menampilkan sistem pelaporan atau pengaduan tindak kekerasan terhadap perempuan dan anak pada dinas pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak Kota Bima berbasis android.

Lebih lanjut dijelaskannya bahwa aplikasi SIRAPP yang baru dilauncing memiliki banyak kelebihan jelas diantaranya seperti (1) bisa menerima laporan pengaduan dari masyarakat secara umum, (2) bisa menerima laporan pengaduan terkait kekerasan terhadap perempuan dan anak, (3) memudahkan kepala daerah dan kepala perangkat daerah dalam mengambil keputusan maupun kebijakan ditambah lagi aplikasi ini bisa dibuka secara online lewat android maupun lewat PC/komputer.

Adapun alur proses pelaporan melalui aplikasi SIRAPP ini pertama pelapor atau masyarakat harus membuka broser dan membuka halaman website https://sirapp-dp3a.bimakota.go.id kemudian pelapor melakukan registrasi untuk pengaduan baru mengisi form pelaporan (admin mengisi laporan pengaduan korban). Setelah diisi admin memproses pengaduan masyarakat  dan disposisi ke pimpinan. Kemudian pimpinan memberikan rujukan hasil laporan masyarakat tersebut baru masyarakat melihat hasil laporannya dan mencetak hasil rujukan.

"Disitulah baru di lihat masyarakat yang melapor ini akan ditangani oleh siapa, kemana dan bagaimana penanganannya", jelas Wali Kota.

Aplikasi SIRAPP dan Website rumah aspirasi ini dibangun oleh tim IT Dinas Kominfo kota bima diantaranya Endang Sri Sumanti, ST, M.Eng, Nanang Agung Nugroho S.Kom, Alfin Fajar Nurrahman S.Kom, dan Fahmi Sutarno SKom.(F.02)