Buka Latihan Posko I Kodim 1614/Dompu, Ini Harapan Danrem 162/WB

Iklan Semua Halaman

.

Buka Latihan Posko I Kodim 1614/Dompu, Ini Harapan Danrem 162/WB

Rabu, 17 Juni 2020

Dompu, Fajar Media Bima.com,- Danrem 162/WB Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani, S.Sos. SH. M.Han., membuka kegiatan Latihan Posko I Kodim 1614/Dompu di Lapangan Makodim 1614/Dompu Jalan A. Yani Kelurahan Dorotangga, Kecamatan Dompu, Kabupaten Dompu, Rabu (17/6).

Upacara Pembukaan Latihan Posko I yang dilaksanakan kali ini mengangkat tema "Kodim 1614/Dompu Melaksanakan Perencanaan dan Persiapan Operasi Bantuan Kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Dompu Dalam Rangka Mencegah Terjadinya Bencana Non Alam Covid-19".
Usai menyematkan tanda peserta latihan, Danrem 162/WB mengawali amanatnya mengajak seluruh hadirin dan peserta latihan untuk memanjatkan puji dan syukur kehadirat Allah SWT Tuhan Yang Maha Kuasa atas rahmat dan karunia-Nya, sehingga dapat menghadiri dan melaksanakan upacara pembukaan latihan Posko I Kodim 1614/Dompu dan Kodim 1628/KSB dalam keadaan sehat wal'afiat.

Selaku Komandan Latihan, selanjutnya Danrem menyampaikan, bahwa latihan bagi prajurit merupakan kesejahteraan yang paling hakiki karena keberhasilan suatu tugas pasti diawali dengan adanya latihan yang maksimal, untuk itu dalam pelaksanaan latihan harus dilandasi dengan kedisiplinan, kerja keras, dan bersungguh-sungguh, sehingga latihan ini bisa memperoleh nilai tambah berupa pengetahuan dan keterampilan sesuai dengan tujuan Latihan Posko I yang kita laksanakan kali ini yaitu untuk meningkatkan kemampuan dan profesionalisme prajurit serta melatih kemampuan Komandan dan Perwira Staf dalam proses pengambilan keputusan taktis (PPKT), mulai dari tahap perencanaan sampai dengan pengendalian operasi di lapangan.

“Kodim 1614/Dompu sebagai Komando Kewilayahan di bawah Korem 162/WB dalam pelaksanaan tugasnya diharapkan mampu berkoordinasi secara terpadu dengan aparat pemerintah daerah, Kepolisian dan steakholder terkait lainnya dalam rangka mengantisipasi dan penanganan dampak yang ditimbulkan bencana non alam di wilayah Kabupaten Dompu,” jelas Danrem.

“Oleh sebab itu, diperlukan kesiapsiagaan untuk melaksanakan pencegahan atau penangan bencana non alam seperti yang terjadi saat ini, dimana bangsa kita sedang diuji oleh pandemi Covid-19 yang tidak hanya meresahkan masyarakat namun juga melamahkan perekonomian nasional,” pungkasnya.

Melalui kegiatan latihan Posko tersebut, Brigjen Rizal berharap selain seluruh peserta latihan memperoleh gambaran tentang cara berkoordinasi yang tepat dalam mengantisipasi terjadinya bencana non alam di wilayah Kabupaten Dompu, juga dapat lebih mempererat tali silaturrahmi kodim 1614/Dompu dengan Forkopimda beserta seluruh masyarakat yang ada di wilayah Kabupaten Dompu.

Setelah acara pembukaan latihan Posko, Forkopimda Kabupaten Dompu menggelar acara syukuran perubahan status Korem 162/WB menjadi Korem tipe A dan kenaikan Pangkat Danrem 162/WB menjadi Brigjen TNI dengan pemberian santunan kepada anak yatim.

Upacara pembukaan latihan dihadiri oleh Dandim 1614/Dompu Letkol Inf Ali Cahyono, S.kom., Dandim 1607/Sumbawa Letkol Inf Samsul Huda, SE. M.Sc., Dandim 1608/Bima.Letkol Inf Mustafa Kamal, Bupati Dompu H. Bambang M Yasin, Kapolres Dompu AKBP Syarif Hidayat, SH. SIK., Kajati Dompu, Kasdim 1614/Dompu Mayor Czi Edi Gustama, Kadishub Dompu Ir.

Syarifuddin, Pasi Ops Kodim 1614/Dompu Kapten Inf Hamzah, Pasi Intel Kodim 1614/Dompu Kapten Inf Muslimin, Pjs Pasi Pasi Pers Kodim 1614/Dompu Letda Inf Hamzah, Pasilog Kodim 1614/Dompu Kapten Inf I Ketut Sugreh, Danki Brimob Kompi 2 Batalyon C Pelopor Iptu Sudirman, SH., dan Seluruh Danramil jajaran Kodim 1614/Dompu.(TIM)