GP. Ansor Kobi Laksanakan Penyemprotan Desinfektan Lintas Kelurahan

Iklan Semua Halaman

.

GP. Ansor Kobi Laksanakan Penyemprotan Desinfektan Lintas Kelurahan

Jumat, 17 April 2020

Kota Bima,Fajar Media Bima.Com,– Kota Bima, Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kota Bima mulai Kamis (16/04/2020) laksanakan penyemprotan desinfektan pada sasaran fasilitas umum, seperti masjid, pemukiman warga dan tempat keramaian warga.

Pelaksanaan kegiatan sosial yang berprikemanusiaan itu, atas dasar Pengurus GP. Ansor Kota Bima mengelar rapat tentang pembentukan team yang digelar Senin (13/04/2020) di Sekretariat GP. Ansor Kota Bima di SMA Al-Ma’arif Karara.
Pelaksanaan penyemprotan desinfektan di fasilitas umum sebagai langkah pencegahan tentang bahayanya penularan wabah Covid-19 yang disertai dengan edukasi kepada masyarakat sekitar agar selalu menjaga kebersihan diri dan lingkungan, selalu memakai masker saat beraktivitas baik didalam maupun diluar rumah, stay at home, tidak berjabat tangan, dan menjaga jarak saat berinteraksi dengan warga lainnya minimal 1 meter.


Team penyemprotan desinfektan tersebut merupakan dibawah Satgas Cegah Covid-19 GP. Ansor Kota Bima, dan terbukti pada Kamis pukul 16.00 wita mengelar penyemprotan desinfektan pada Lingkungan Sigi RT. 03, RT. 08, RT. 09 dan RT.10 Kelurahan Paruga Kecamatan Rasanae Barat, pada kegiatan pencegahan Covid-19 tersebut atas partispasi personil relawan Satgas Cegah Covid19 GP Ansor Kota Bima, Komunitas Madasigi, Tim Siaga Bencana Kelurahan (TSBK), Kampung Siaga Bencana (KSB), Kelompok Masyarakat Peduli Sungai (KMPS) Padolo, Kepala Kelurahan Paruga dan Ketua RT/RW lingkup Paruga.

Adapun titik lokasi Kamis sore tersebut, yakni rumah ibadah 1 titik (Mesjid Sultan Muhammad Salahuddin), Baruga 3 Titik (RT 09 2 Buah dan RT 10 1 Buah)
dan tempat umum lainnya atau 11 titik (di Lingkungan RW 03 Sigi). Sehingga Jumlah titik penyemprotan disinfektan yang dilaksanakan di wilayah RW 03 Sigi Kelurahan Paruga sebanyak 15 titik.

Kegiatan yang diprakasi GP. Ansor Kobi, terlaksana atas dukungan dan kerjasama dari masyarakat, lebih khusus para pihak donatur seperti, Drs. H. Mustamin Ibrahim Anggota DPRD Kota Bima (2 unit alat semprot), Ketua Yayasan Stikes Bima (Bahan Cairan Desinfektan sebanyak 10 botol) dan TSBK Paruga (1 unit alat semprot).

Lanjut hari kedua, tepatnya Jumat (17/04/ 2020) Pukul 09.00 wita bertempat di Kelurahan Rabadompu Timur Kecamatan Raba, team Satgas Cegah Covid-19 bersama Banser NU Kota Bima, PC PMII Bima dan KOPRI PC PMII BIMA melakukan hal yang sama, yakni penyemprotan desinfektan pada fasilitas umum bersama warga setempat. Yang didampingi Kepala Kelurahan, Bhabinkamtibmas, Bhabinsa dan Relawan dari RSUD Bima.

Titik lokasi penyemprotan diwilayah Rabadompu Timur memiliki 18 RT dan 6 RW, namun pada Jum’at penyemprotan dilakukan di beberapa titik di wilayah RW. 03, RW. 04 dan RW.05, Masjid di dua titik (Mesjid Baitul Rahman Nggaro Kumbe dan Mesjid Lailatul Qadri Lewiloa), Mushola Al Malik RW 05 1 titik, TPQ Lailatul Qadri Lewiloa RT 08 RW 03 1 titik, Baruga 4 Titik (RT. 13 dua titik, RT. 14 dua titik), Kios Kelontong dan Toko Sembako RT. 14 RW. 06 Nggaro Kumbe 3 titik, Kios Kelontong dan Toko Sembako 5 titik RT. 10 RW. 04 Lewiloa, Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Ramanda Putra Bersaudara 1 titik di wilayah 08 RW 03 Lewiloa Rabadompu Timur dan tempat umum lainnya sebanyak 13 titik (Lingkungan RW. 03, RW. 04 dan RW. 05. Sehingga Jumlah titik penyemprotan disinfektan yang dilaksanakan di wilayah RW 04 dan RW 05 Kelurahan Rabadompu Timur sebanyak 30 titik.

Masih Jum’at, pada pukul 11.00 wita, team GP. Ansor ini melakukan penyemprotan yang sama diwilayah BTN Nusantara, BTN Santi (Termasuk kediaman Ketua DPRD Kota Bima dan Pandopo Wakil Walikota Bima). Sementara pukul 14.00 wita, team cegah covid-19 ini hadir di Kelurahan Matakando Kecamatan Mpunda, tepatnya di RT. 01, RT. 02, RT.03 dan RT.04 yang dilanjutkan di BTN Tolotando dan BTN Penatoi.

Pada wartawan ini Ketua Satgas Covid-19 GP. Ansor Rusdiyono, S.Pd mengatakan, dari hasil evaluasi dirinya, perlu adanya tindak lanjut untuk penyemprotan mandiri kepada masyarakat, masih adanya warga yang berkumpul lebih dari 10 orang di dalam satu lokasi, kurangnya antusias dari warga untuk membantu kegiatan penyemprotan.

perlu adanya tindakan berkelanjutan dari perangkat RT dan RW, Lurah untuk mengedukasi gerakan cuci tangan rutin guna mencegah penyebaran covid 19, dan di pada Bhabinkamtibmas dan Bhabinsa dan pihak RT/RW untuk memastikan bahwa himbauan dan aturan Jam malam dari Pemerintah Kota Bima di jalankan oleh semua warga yang ada di kelurahannya. “Cegah Covid-19 dengan Prilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), jaga imun tubuh untuk makan makanan yang bergizi dan selalu berdo’a agar terhindar dari virus Covid-19 (Dirumah aja),” ujarnya saat diwawancarai usai penyempotan Jum’at sore.

lanjut, Rusdiyon Satgas Cegah Covid-19 GP. Ansor Kota Bima yang ditunjuk Pemerintah Kota Bima, juga melakukan penjagaan dan pengawasan dibatas kota. Penjagaan dibatas kota tersebut, sejak pemerintah keluarkan himbauan tentang Corona Virus Disease (Covid-19).

Diperbatasan Satgas melakukan edukasi warga, pengawasan terhadap warga diduga melakukan kegiatan luar kota atau warga yang Suspect Corona dan menerima dan menyalurkan bantuan Alat Pelindung Diir (ADP) dan bahan baku cairan desinfektan, jelasnya tentang program kegiatan Satgas diperbatasan kota. (F.02)