Lansia Terlantar (Lipus Naga), Kini di Panti Jompo “Meci Angi”

Iklan Semua Halaman

.

Lansia Terlantar (Lipus Naga), Kini di Panti Jompo “Meci Angi”

Rabu, 05 Februari 2020
(Drs.H.Mudin,MM.)
(Kepala Dinas Sosial Kota Bima)
Kabupaten Bima, Fajar Media Bima.Com – (Lipus Naga) pria berusia sekitar 76 Tahun, seorang Lanjut Usia (Lansia) terlantar, yang biasa mangkal di Pasar Raba, tepatnya di gedung tua lantai dua yang sebelumnya biasa di sebut gedung bioskop.

(Lipus Naga) yang dalam keadaan fisiknya mengalami buta total/Low Visioan (Tunanetra) terhitung Rabu (05/02/2020) siang sudah di titipkan di Asrama Kasi Ade Balai Lanjut Usia Panti Jompo “Meci Angi” Provinsi NTB yang berlokasi di Kelurahan Jatiwangi Kecamatan Asakota Kota Bima.

Sebelumnya, pria lansia ini viral di medsos setelah salah seorang netizen (Pemilik akun facebooknya, di rahasiakan oleh media ini) pada Sabtu (01/02/2020) kemarin memposting kegiatan sehari-hari Lipus Naga yang jalan dengan tongkat di lantai dua gedung tua tersebut, yang mana pada Sabtu siang itu, sedang menanak nasi dan dalam keadaan belum mandi hingga bertahun-tahun.

Dalam postingan seorang netizen tersebut, sebelumnya (Lipus Naga) tidak buta total dan selama masih dalam keadaan sehat jasmani, kesehariannya sebagai pengulung sampah dan begitu mengalami kebudataan. Dirinya (Lipus Naga, red) memilih untuk menempati lantai dua di gedung tua pertokoan Raba Kota Bima dan banyak berdiam diri, sehingga warga sekitar pertokoan Raba selalu menyumbangkan air bersih untuk di minum oleh (Lipus Naga) maupun untuk di pakai untuk memasak nasi.

Pada wartawan ini, salah seorang warga pertokoan Raba yang berhasil di wawancarai Sabtu (01/02/2020) siang, mengatakan, apabila pria tua (Lansia) ini tidak turun dari gedung tua, biasanya kami tetap cek, karena di kawatirkan pria lansia terlantar ini sudah meninggal dunia. Apalagi tercium bauh membusuk dari atas gedung, kami juga tetap cek naik ke lantai bioskop dimaksud, untuk melihat kondisi (Lipus Naga) ini. “Mudah-mudahan dengan di beritakan pria lansia terlantar ini, lewat media online maupun medsos, Pemerintah Kota Bima melalui dinas terkait dapat terketuk hatinya,” ujar sumber terpecaya itu.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Kota Bima Drs. H. Muhidin,AS Dahlan, MM via telepon selulernya Rabu (05/02/2020) siang, mengatakan dirinya sudah mendapatkan laporan dari media ini sebelumnya pada Sabtu (01/02/2020), namun saat itu dirinya berada di luar daerah dan alhamdullilah hari ini (Rabu, red) telah menjemput (Lipus Naga) seorang pria lansia terlantar untuk di titipkan di panti jompo “Meci Angi”.

Berdasarkan dari hasil pemeriksaannya, (Lipus Naga) meruapakan warga Kelurahan Penaraga Kecamatan Raba Kota Bima sebelumnya, namun pernah merantau di Provinsi NTT dan di sana menikah dengan seorang non muslim. “Saat kami jemput pria lansia terlantar ini, sebenarnya tidak mau di tampung di panti jompo dan menolak, akibatnya pihak dinas sosial membujuknya dan alhasilnya (Lipus Naga) mau ke panti jompo,” singkat Aji Muhidin. (F.02)