Antisipasi Angka Kecelakaan Laut, Dishub Adakan Sosialisasi Kepada Pemdes dan Nelayan

Iklan Semua Halaman

.

Antisipasi Angka Kecelakaan Laut, Dishub Adakan Sosialisasi Kepada Pemdes dan Nelayan

Selasa, 18 Februari 2020
Kabupaten Bima, Fajar Media Bima.com,- Dalam sebuah bentuk perhatian kepada masyarakat nelayan, Pemerintah Kabupapaten Bima, dalam hal ini Dinas  Perhubungan Kabupaten Bima Senin (18/02) gelar Sosialisasi Keselamatan Transportasi Laut kepada nelayan dan masyarakat pengguna laut di Desa Lamere Kecamatan Sape dan sekitarnya.

Dalam mensukseskan Kegiatan tersebut Dinas perhbungan kabupaten bima mengundang 59 orang peserta yang merupakan anggota BPD Desa Lamere, Aparatur Desa dan para Nelayan Desa Lamere.

Kegiatan ini digelar dalam upaya peduli keselamatan pelayaran menuju Zero Accident di laut. Bertindak selaku narasumber dalam sosialisasi ini, Kabid Perhubungan Laut Abubakar, SE, yang di dampingi Kasubag Program dan Pelaporan Arief Rachman.

"Kegiatan ini menjadi bagian dari program Dinas Perhubungan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat dan nelayan. Sehingga, tercipta hubungan yang harmonis antara Pemerintah dan Masyarakat," kata Ababakar di Aula Desa Lamere.

Disampaikan dalam pematerinya, Kabid yang sebelumnya menjabat Camat Donggo ini menyampaikan beberapa hal yang berkaitan dengan keselamatan pelayaran antara lain, kelengkapan dokumen kapal, kesiagaan keselamatan navigasi dan komunikasi, ketepatan prediksi cuaca sebelum pelayaran, ketersediaan peralatan keselamatan diri, serta penyimpanan nomor darurat yang bisa dihubungi apabila terjadi permasalahan di laut.       

"Berbagai persiapan itu kerap disepelekan, padahal ini penting sifatnya. Malah, kalau ada yang kurang, jangan berlayar dulu. Semua persiapan itu mesti tersedia dan pastikan berfungsi dengan baik," kata Abubakar.

Bagi para nelayan tradisional, Abubakar juga mengimbau untuk mempersiapkan segala peralatan yang menunjang keselamatan selama di laut, terutama pelampung, bahan bakar cadangan, dan alat komunikasi yang dapat dipakai untuk menguhubungi orang-orang di daratan saat terjadi permasalahan.             

"Masyarakat dan nelayan sangat antusias menyambut sosialisasi ini. Kami harapkan dengan kegiatan ini peserta semakin paham pentingnya menjaga keselamatan saat melakukan pelayaran. Karena, laut tidak bisa ditebak, segala kemungkinan bisa terjadi dan berubah secara cepat dan di luar dugaan,".(TIM)