Ratusan Petani Jagung Terima Bantuan KUR, Bupati Himbau Tanam Tidak Merusak Hutan

Iklan Semua Halaman

.

Ratusan Petani Jagung Terima Bantuan KUR, Bupati Himbau Tanam Tidak Merusak Hutan

Sabtu, 09 November 2019
Bupati Bima, Hj.Indah Damayanti Putri,SE
Kabupaten Bima, Fajar Media Bima.com,- Sebanyak 163 petani jagung yang ada di Kecamatan Bolo, Soromandi, Donggo dan Madapangga menerima bantuan uang senilai total 3,2  miliar dari Bank Negara Indonesia ( BNI Persero ) tbk, Kantor Cabang Bima. Sebelum menerima bantuan, ratusan petani yang tergabung dalam  kelompok tani jagung itu menandatangani Perjanjian KUR secara massal di Paruga Nae Bolo, Jumat 8 November 2019. Hadir pada acara tersebut Bupati Bima, Hj. Indah Dhamayanti Putri, SE, Pimpinan BNI Cabang Bima H. Muhammad Amir, Pihak Asuransi Jasindo dan sejumlah kelompok tani jagung penerima bantuan.

Kabag Humas Setda Bima, M Chandra Kusuma, Ap, menyatakan, Bupati Bima ikut jadi saksi penandatanganan massal Perjanjian Kredit  Usaha Rakyat ( KUR ) Tani Jagung  untuk wilayah Kecamatan Bolo, Soromandi , Donggo dan Madapangga. Ada 6 GT yang menerima KUR dengan jumlah petani 163 debitur. Per orang memilki lahan seluas satu sampai empat hektar, kata Chandra, perhektarnya penerima KUR mendapat Tujuh juta rupiah, dengan sistem pengembalian berupa pokok dan bunga selama tujuh sampai sembilan bulan. ‘’Jumlah total yang disalurkan saat ini untuk empat kecamatan senilai tiga  miliar lebih ,’’katanya.

Bupati Umi Dinda, menyampaikan apresiasi kepada BNI yang telah peduli terhadap para petani dan peternak di Kabupaten Bima. Termasuk menyediakan mitra di bidang pupuk, pembeli hasil jagung dan Jasindo. Kata Kabag Humas, Umi Dinda berharap pada penerima KUR dapat mentaati ketentuan dalam akad kredit. ‘’Menanam jagung tidak merusak hutan yang ada. Gunakan KUR ini secara maksimal untuk bertani tidak untuk yang lain, agar mencapai hasil yang sesuai harapan,’’katanya.

Sementara, Pimpinan BNI Cabang Bima H. Muhammad Amir, menyatakan  bahwa secara keseluruhan BNI sudah menyalurkan Rp 1,5 triliun di Kabupaten Bima. Dalam menyalurkan kredit, BNI tidak pilih kasih dan tetap berkomitmen memberikan pelayanan secara mudah dan cepat. Amir menyatakan target KUR se Kabupaten Bima mencapai Rp. 105 M dan tertinggi di Indonesia. Kemudian akan ada tambahan dua milyar rupiah untuk KUR Jagung dan Sapi.

Pihak Asuransi Jasindo juga hadir pada acara itu. Ia berjanji akan menyukseskan program KUR dengan memberikan jaminan asuransi apabila ada yang terkena hama penyakit atau bencana alam sesuai ketentuan. Perwakilan Distributor pupuk CV. Rahmawati, H Ibrahim, menyatakan kesiapan mereka membantu para petani. Ia berjanji akan menyalurkan pupuk dan berharap para petani bisa menggunakannya sesuai dengan ketentuan. (F.06)