H. Lutfi, Hadiri Milad Silat Putra Bima Ke-13

Iklan Semua Halaman

.

H. Lutfi, Hadiri Milad Silat Putra Bima Ke-13

Kamis, 07 Februari 2019
(Foto bareng pengurus dan pendiri
perguruan silat "Putra Bima")
Kota Bima, Fajar Media Bima - Perguruan Silat "Putra Bima" Indonesia (PS-PBI) gelar Milad (HUT) Ke-13 Tahun 2019 Minggu (03/02/2019) kemarin du Aula SMPN 6 Kota Bima, milad yang dirangkaikan Pelantikan Pengurus Pusat PS-PBI Masa Bhakti 2019 - 2024 dan Pelantikan Kenaikang Tingkat (TK) atau sabuk TK II bergelar Kesatria Muda hingga TK V Kesatria Utama. Prosesi acara yang dikemas para pendiri perguruan yang sederhana itu, dihadiri oleh orang nomor satu di Kota Bima, yakni H. Muhammad Lutfi, SE. Dimana Walikota Bima itu selaku Dewan Penasehat PS-PBI.

Dalam laporan panitia dewan penguji yang juga selaku panitia milad PS-PBI, Khairul, S.Sos mengatakan, perguruan silat ini lahir pada 14 Januari 2016 dan seharusnya pelaksanaan Milad PS-PBI ini jatuh pada Minggu (13/01/2019). Namun karena lain hal, sehingga pelaksanaan milad ini baru dilaksanakan awal Februari, walaupum milad ini ditunda hingga dua kali.

(Nazamuddin sah pimpin
perguruan silat Putra Bima)
Selain itu, terkait kepengurusan sebelumnya, yakni selama dua periode tepatnya pada kepengurusan 2010 - 2014 dan 2014 - 2018 Ketua Umumnya yaknj H. Jubair, SKM, M.Kes dan secara secara otomatis sesuai AD/ART perguruan, maka tidak bisa dijabat selama tiga periode, untuk itu pada hari ini (Minggu, red) menggangkat Wakil Ketua I Nazamuddin, S.Sos periode 2014 - 2018 sebagai Ketua Umum PS-PBI yang baru pada periode 2019 - 2024.
Sementara itu, pada ujian kenaikan tingkat. Pada tahun ini yang dilantik pada TK II sabuk Kuning sebanyak 25 orang, sabuk Oranye TK III sebanyak 5 orang, sabuk Hijau TK IV satu orang dan sabuk Biru TK V  juga satu orang. "Pada milad kali ini yang dirangkaikan dengan pelantikan pengurus pusat dan pelantikan kenaikan tingkat menggangkat tema, tidah harus terkenal, cukup menjadi pesilat yang teruji," kata pendiri perguruan ini.

Sementara itu, dalam amanat pendiri perguruan yang disampaikan Sahrudin, S.Sos mengatakan, semoga dengan umur perguruan silat ini yang ke 13 makin jaya dan dapat melahirkan anggota (Kesatria) yang berahlak, bermoral dan berkarakter. Sebab prestasi dalam perguruan menjadi hal yang terakhir, tapi yang diutamakan dalam PS-PBI ini adalah jati diri dan kepribadian anggota itu sendiri. "Sudah jelas masuk yang terkandung dalam tema milad kali ini, yakni perguruan ini tidak harus terkenal, akan tetapi terbukti dan mampu mendidik anggotanya sesuai yang tertera dalam AD/ART perguruan," ujarnya.

Perjalan PS-PBI ini, serpa terjangnya tidak diragukan lagi mulai dari umurnya baru 11 hari saja mampu raih juara umum III pada kejuaraan antar perguruan silat Tahun 2006 yang memperebutkan Piala Walikota H.M. Nur A. Latif.
Pekan Olahraga Provinsi (Por Prov) VIII Tahun 2014 empat pesilat kami Duta Kota Bima pada kategori Ganda Putra dan Ganda Putri raih medali emas, di Tahun 2014 juga pada seleksi Pusat Pendidikan Latihan Pelajar (PPLP) NTB dua orang pesilat kami yakni Salahuddin kelas A Putra dan Kurnia Sandi kelas D Putra terjaring dan masuk PPLP NTB.

Tahun 2016 pada Pekan Olahraga Pelajar Wilayah (POPWIL) kelas D Putra atas nama Kurnia Sandi raih medali emas sebagai duta NTB dan Por Prov X 2018 dua pesilat kami duta Kabupaten Bima raih medali perunggu. "Dari sekian prestasi tersebut sudah tentu para pesilat PBI sudah teruji dan setiap event kejuaraan tetap membawa pulang medali dan tidak ada istilah pergi jalan-jalan," terang Komandan Keamanan STKIP Bima ini.

Sementara itu pada prosesi pelantikan Ketua Umum PS-PBI Nazamuddin, S.Sos oleh Ketua Dewan Pendekar Muhammad Tayeb, diserahkan Kartu Tanda Anggota (KTA) dan SK Kepengurusan, sebagai tanda anggota DPRD Kota Bima duta Partai PKP Indonesia itu, sah menjadi bagian dari PS-PBI dan pada kesempatan itu, Nazamuddin diberikan waktu untuk menyampaikan sambutan singkatnya.

Dalam sambutannya itu, Nazamuddin berjanji akan memajukan dan meningkatkan dunia persilatan pada perguruan silat PBI kedepannya untik maju dan lebih jaya lagi. "Insya allah amanat dan kepercayaan yang diberikan kepada saya sebagai ketua umum, tidak akan menyia-nyiakan waktu selama lima tahun tersebut dan tentu saja saya punya tanggung jawab moral untuk membesarkan nama PS-PBI," singkatnya.

Sedangkan dalam sambutan Dewan Penasehat H. Muhammad Lutfi, SE mengatakan, selama kepada ketua umum yang baru dilantik hari ini semoga dapat membesarkan nama perguruan silat PBI dan selamat juga kepada para kesatria yang naik tingkat, yang sudah melalui proses ujian kenaikan sabuk oleh pendekar penguji. "Sesuai janji saya pada saat saya dilantik sebagai Dewan Penasehat perguruan ini pada Maret 2017 lalu, apabila terpilih sebagai Walikota Bima 2018, maka akan mendiri Padepokan Silat dan insya allah Tahun 2020 mendatang padepokan tersebut akan terwujud dan para pesilat PBI bisa latihan di padepokan dimaksud," janjinya dan 120 pesilat yg hadiri milad langsung bertepuk tangan secara serentak dan penuh bangga setelah mendengar janji Walikota itu. (F.2)