UPT Puskesmas Adakan Pelatihan Germas Tingkat Kec. Wera

Iklan Semua Halaman

.

UPT Puskesmas Adakan Pelatihan Germas Tingkat Kec. Wera

Selasa, 15 Januari 2019
Kabupaten Bima, Fajar Media Bima.Com,- UPTD Kesehatan Kecamatan Wera Pagi ini Buka Kegiatan pelatihan  Gerakan masarakat hidup sehat (Germas). Peserta yang diundang  Kepala - kepala sekolah, SDN, MI, dan SMP, SMA,  Madrasah. Hadir pula kepala  UPTD Dikpora  sekecamatan Wera di aula Kantar camat Wera pada tanggal  16/1/2019.

Acara tersebut dibuka langsung oleh kepala oemerintah Kecamatan  Wera H.Ridwan S.Sos, dan dirinya selaku ketua Umum UKM kecamatan Wera. dalam acara tersebut Sebagai pembacara, Marfin, S.Km selaku pembina UKS kabupaten Bima dibidang Kesehatan.

Kepala Puskemas Kecamatan Wera Rugaya, AMD. Keb, S.Km, selaku pengantar acara menyatakan bahwa,  Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) adah wajib diterapkan oleh Guru - guru yang langsung menjalankan  kepada anak didik disekolah, dan sebagai langkah awal untuk mengenal hidup sehat secara dini itu wajib.

Sebab Kata Rugaya, UKS ini dikhususkan kepada anak didik atau di usia dini, supaya dapat mengenal hidup sehat berkelanjutan. Terkait dengan hal demikian bahwa, UKS bisa menjaring kesehatan sekolah usia dini sebagai contoh anak usia dini. misalkan anak yang punya penyakit rabun jauh atau Rabun dekat,  ini perlu ada  perhatian pemerintah dibidang kesehatan untuk mengatasi penyakit pada anak usia dini.

Demikian yangdisampaikan oleh ST Rahma, Kepala UKS Kecamatan Wera menyatakan, Terkait anggaran dana kegiatan  pelatihan UKS yang bersumber dari Bantuan Operasional Kesehatan dana pelatihan UKS pada tahun 2018 akhir yang lalu dan penggunaannya dilakukan  pada bulan Januari tahun 1019 sekarang. Juga dana tersebut. pelatihan UKS usaha kesehatan sekolah diadakan tiap tahun satu kali pelaksanaan pelatihan.

Jelas Rahma, "Manfaat dari pada  pelatihan ini agar guru guru UKS di sekolah bisa menerapkan disekolah masing oleh guru UKS yang  mendapatkan  pelatihan UKS". Demikian pula ada Beberapa sekolah yang sudah menandatangani MOU dengan puskesma Wera   dibidang UKS yaitu SDN Tawali Satu, SDN 1 hidirasa. SMP dua wera, SMP Satu Wera, yang diberikan oleh rumah sakit puskemas Bidang UKS kepada sekolah  obat Mera verbal ,oralit antasida parasitamol ferbal.(F4.)