Iklan Semua Halaman

.

Kamis, 24 Januari 2019
*Berita Kerja Sama Poltekes Mataram*

Mahasiswa KKN-T 2019 Poltekkes Mataram Ditempatkan di 54 PKM Se-NTB
(Direktur Poltekkes Kemenkes Mataram, H. Awan Darmawan, S.Pd, M.Kes menyerahkan nama-nama 50 mahasiswa yang akan ditempatkan di 5 Puskesmas se Kota Bima, yang diterima Sekretaris Dikes Kota Bima Ahmad, S.Sos)

Mataram, Fajar Media Bima.Com - 582 orang mahasiswa Politeknik Kesehatan (Poltekkes) Kemenkes Mataram yang mengikuti Kuliah Kerja Nyata Terpadu (KKN-T) Tahun 2019 ini ditempatkan (Distribusikan) di 54 Pusat Kesehatan Masyarakat (PKM) se Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Ke 54 puskesmas (PKM) tersebut, merupakan di wilayah Dinas Kesehatan (Dikes) Kota Bima, Kabupaten Bima, Kabupaten Dompu, Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), Kabupaten Sumbawa, Kota Mataram, Kabupaten Lombok Timur (Lotim), Kabupaten Lombok Barat (Lobar), Kabupaten Lombok Tengah (Loteng) dan Kabupaten Lombok Utara (KLU).

(10 Orang Mahasiswa sedang diterima
oleh Kepala Puskesmas disalah satu PKM di KSB).
Untuk Kota Bima menempakan mahasiswa KKN-T sebanyak 50 orang yang dibagi masing-masing 10 orang di Puskesmas PenanaE, Puskesmas Rasanae Timur, Puskesmas Mpunda, Puskesmas Paruga dan Puskesmas Asakota. Kabupaten Bima sebanyak 52 orang mahasiswa, di Puskesmas Woha, Puskesmas Belo, Puskesmas Palibelo, Puskesmas Bolo dan Puskesmas Monta. Kabupaten Dompu ada 56 orang mahasiswa yang ditempatkan di Puskesmas Dompu Timur, Puskesmas Dompu Kota, Puskesmas Dompu Barat, Puskesmas Soriutu dan Puskesmas Ranggo.

(Mahasiswa KKN-T kelompok KSB sedang turun kewarga untuk sosialisasi dampak terhadap pentingnya menjaga kesehatan di salah satu desa KSB)
KSB sebanyak 49 orang mahasiswa di Puskesmas Pototano, Puskesmas Seteluk, Puskesmas Taliwang, Puskesmas Brangrea dan Puskesmas Brang Ene. Kabupaten Sumbawa sebanyak 66 orang mahasiswa yang ditempatkan di Puskesmas Unit I, Puskesmas Unit II, Puskesmas Labuhan Badas, Puskesmas Unter Iwes, Puskesmas Moyo Utara, Puskesmas Moyo Hilir dan Puskesmas Rhee.

Kota Mataram sebanyak 57 orang mahasiswa di Puskesmas Ampenan, Puskesmas Tanjung Karang, Puskesmas Karang Taliwang, Puskesmas Cakra Negara dan Puskesmas Babakan. Kabupaten Lobar sebanyak 60 orang mahasiswa di puskesmas Gerung, Puskesmas Kediri, Puskesmas Narmada, Puskesmas Gunungsari dan Puskesmas Meniting.
KLU, sebanyak 58 orang mahasiswa di Puskesmas Pamenang, Puskesmas Nipah, Puskesmas Gangga dan Puskesmas Kayangan. Kabupaten Loteng sebanyak 54 mahasiswa masing-masing dipuskesmas Ubung, Puskesmas Puyung, Puskesmas Praya, Puskesmas Aikmal dan Puskesmas Mantang. Sedangkan di Kabupaten Lotim sebanyak 78 orang yang menyebar di Puskesmas Terara, Puskesmas Sikur, Puskesmas Masbagik, Puskesmas Pringgasela, Puskesmas Dasan Lekong, Puskesmas Denggen dan Puskesmas Selong.

Latar belakang kegiatan KKN-T ini sebagai suatu bentuk pendidikan dengan cara memberikan pengalaman belajar kepada mahasiswa untuk hidup ditengah-tengah masyarakat diluar kampus, dan secara langsung mengidentifikasi serta menanggani masalah-masalah pembangunan kesehatan yang dihadapi.
Sementara tujuan KKN-T yakni mendidik mahasiswa agar berjiwa penuh pengabdian serta memiliki rasa tanggung jawab yang besar terhadap masa depan bangsa dan negara. Menggiatkan mahasiswa sehingga bermanfaat bagi usaha-usaha pembangunan kesehatan nasional maupun daerah. Memelihara dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang kesehatan yang selaras dengan tuntutan pembangunan.

Selain itu, pelaksanaan KKN ini merupakan mata kuliah wajib intrakurikuler dengan bobot 2 SKS (Satuan Kredit Semester) untuk mahasiswa semester VI Program Studi (Prodi) D-III (Kampus D-III Keperawatan Mataram, Keperawatan Bima, D-III Kebidanan Mataram, D-III Gizi Mataram dan D-III Analisi Kesehatan Mataram) dan mahasiswa semester VIII  Prodi D-IV (Kampus D-IV Keperawatan Mataram, Keperawatan Bima, D-IV Kebidanan Mataram, D-IV Gizi Mataram dan D-IV Analisis Kesehatan Mataram) dilingkungan Poltekkes Mataram Kemenkes RI.
Sehingga rincian jumlah mahasiswa KKN-T 2019 sesuai prodinya, yakni 258 orang dari prodi D-III dan 324 orang mahasiswa dari prodi D-IV. (F.02.ADV)